Senin, 23 Oktober 2017

Masa Depan Cerah Anak harus Dirancang dari Sekarang



Sebagai orangtua, impian kita semua adalah melihat anak masuk sekolah unggulan, mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, lalu sukses meniti karir hingga mendapat penghasilan serta jabatan yang prestisius. Namun untuk dapat menggapai semua itu, orangtua harus menyiapkan segalanya sedini mungkin--lebih cepat lebih baik.

Fakta yang tak bisa kita hindari: biaya pendidikan terus meningkat setiap satu atau dua tahun. Inflasi biaya pendidikan tersebut dapat mencapai 15-20% besarnya. Anak kita yang masih kecil saat ini akan berkali lipat lebih mahal biaya kuliahnya nanti. Jadi jangan tertawakan teman atau kerabat yang berniat untuk siapkan uang kuliah bagi anaknya yang masih bayi ya!

Parahnya lagi, angka inflasi biaya pendidikan melebihi tingkat inflasi secara umum. Artinya, kenaikan gaji orangtua tidak sebanding dengan kenaikan biaya pendidikan anak. Akan sangat sulit untuk mengejar jumlah biaya pendidikan yang terus meningkat, jika hanya mengandalkan gaji bulanan.


Merencanakan pendidikan anak juga bukan hanya soal biaya. Berbagai hal lain seperti memilih sekolah, serta mengenali minat dan bakat anak sejak dini pun tak kalah pentingnya. Dan semuanya ini memang akan lebih baik bila dilakukan secepatnya. Merancang masa depan anak yang cerah harus dimulai dari sekarang. Ya, sekarang!

[ Baca Juga: Alokasi Tepat Pendapatan Keluarga ]

Sebagai orangtua dari Shalom (6thn, kelas 1 SD) dan Glow (4thn, TK A), saya sendiri bukanlah expert mengenai perencanaan pendidikan. Justru saya merasa sangat perlu belajar banyak mengenai hal ini. Makanya, saya nggak menyia-nyiakan kesempatan saat mendapat info adanya event Sun Life Edu Fair 2017 pada 20-22 Oktober kemarin.


Saya langsung nego sama suami untuk ajak anak-anak 'ngemol berfaedah' hari Sabtu ke mal Kota Kasablanka, tempat digelarnya acara tsb. Saya dan suami juga sempat menengok situs www.sunlifeedufair.com untuk melihat rangkaian aktivitas serta rundown (jadwal) acara. Benar-benar padat dan bermanfaat loh!

School Exhibition
Mencari sekolah ideal bagi anak kita tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada begitu banyak pertimbangan seperti program yang ditawarkan, lokasi, biaya, dan lain sebagainya. Di acara ini, ortu bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya dengan mengunjungi booth 20 sekolah formal dan 5 sekolah informal yang berpartisipasi. Sebut saja di antaranya ada Global Jaya, Highscope, Home Schooling Kak Seto, Al Azhar Kelapa Gading, GIGI Art of Dance, Rock Star Gym, Koki Kecil, Sekolah Alam Cikeas, BPK Penabur, dan masih banyak lagi.

Serunya lagi, di masing-masing booth ada financial consultant dari Sun Life yang bisa diajak diskusi. Jadi saya bisa sekalian konsultasi singkat soal perencanaan dana pendidikan. Bahkan saya pun menyimpan kontak 1-2 orang konsultan, just in case saya merasa perlu diskusi lebih lanjut dan mendalam mengenai hal tersebut. Buat kalian yang butuh info seputar perencanaan dana pendidikan bersama Sun Life, bisa juga baca-baca di www.sunlife.co.id serta www.brightedu.co ya..

Brighter Class and Kids Workshop
Selain dari booth, masing-masing sekolah diberikan waktu khusus untuk mempresentasikan profil dan informasi sekolah. Ada juga aktivitas yang sifatnya 'hands on' berupa workshop. Shalom dan Glow sempat naik panggung untuk menjajal art and craft workshop dari Ganara Art Studio, yakni menghias tas dengan cap yang dibuat memakai tutup botol dan cat air. simpel dan gampang banget, but the kids are loving it.

School Performance
Salah satu favorit saya nih! Sampai enggan beranjak dari kursi saat menyaksikan penampilan dari murid-murid GIGI Art of Dance ~ aseli keren-keren banget loh! Begitu pula aksi dari siswa-siswi Rock Star Gym yang luwes sekaligus powerful. saya sampe ikut jejogetan terus saat nonton penampilan mereka.

Brighter Talents
Sun Life Edu Fair 2017 juga menjadi ajang untuk menampilkan talenta anak sebagai generasi yang #LebihBaik. Variatif banget talenta yang ditampilkan di kompetisi Brighter Talents ini. Ada paduan suara, tari tradisonal, solois, pertunjukan bela diri taekwondo, story telling, dan lain-lain. Sangat menarik untuk disaksikan, sekaligus mengharukan melihat semangat perjuangan anak-anak untuk tampil dengan baik.

Parenting Talkshow
Perubahan zaman dan perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua dalam mengasuh anak saat ini. Dalam talkshow yang bertema Pola Asuh Lintas Generasi ini, Mona Ratuliu berbagi pengalamannya dalam memotivasi dan mengajar anaknya untuk berbisnis melalui media sosial. "Kalau kamu pengen media sosial kamu punya value dan mendatangkan uang, maka kamu harus posting sesuatu yang orang-orang interested, yang bermanfaat buat orang lain," ujar Mona mengulang ucapan kepada anaknya.

[ Baca Juga: Ajarkan Anak Soal Hedonisme ]

Setali tiga uang, Chief Agency Officer Sun Life Financial Indonesia, Wirasto Koesdiantoro yang akrab disapa Pak Ito, mengungkapkan bahwa orangtua perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada. "Kita nggak bisa melarang anak dari penggunaan teknologi, tapi kita sebagai orangtua bisa dan harus mengontrol agar kemajuan teknologi tidak berdampak negatif terhadap anak-anak," tegasnya.

Kiri ke kanan: Pak Ito - Mona Ratuliu - Moderator
Dok. kak Rey
✎ Quiz and Prizes
Sepanjang acara berlangsung, MC sering melontarkan pertanyaan kuis berhadiah menarik. Selain itu, pengunjung juga diberikan Passport School Stamp utk mengumpulkan stamp. Lumayan banget kami akhirnya bisa bawa pulang Car Organizer yang dituker setelah ngumpulin stamp tersebut. hihi..

Celebrity Performances
'Nge-mol berfaedah' keluarga kami diakhiri manis setelah menyaksikan performance dari Romaria dan Bastian Steel. Soalnya, anak-anak saya emang mengidolakan Romaria. Hahaha. Seneng banget sih liat kedua putri kecilku sangat menikmati nonton langsung aksi idolanya bernyanyi. What a lovely day!



* * * * *
Terima kasih kak Kiki dan teman-teman pengurus Blogger Mungil udah ngajak saya ke acara keren ini! Sering-sering yaaaa... hihihi
KUMPUL BLOGGER!
Dok. mas Jun

10 komentar:

Ria Bilqis mengatakan...

Jarang jarang ya ngemall berfaedah, bagus acara Sunlife Edufair ini. Selain sebagai ajang berkreatifitas bagi anak, juga menambah wawasan bagi para orang tua. Baik pola asuh maupun mencari sekolah terbaik.

hida mengatakan...

Acara yg keren nih..kagum deh sama penampilan anak2 itu ya. Beneran jadi gak sadar ikutan goyang juga ya ka...hehehe. Sering2 ya SunLife bikin acara bermanfaat kayak gini. Makasih sharingnya ya.

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Senangnya bisa merencanakan keuangan pendidikan anak sejak dini, jadi masa depan anak akan lebih terjamin

Melysa Luthiasari mengatakan...

Wah bagus banget acaranya ya, sangat bermanfaat. Sayang kmrn aku ga bisa dateng ke acaranya. Semoga lain hari msh diadakan lagi acara seperti ini ya.

Arifinda D. Putri mengatakan...

Kok acaranya seru banget sih! Aku nikah aja belum tapi tujuan nabung paling amannya itu “buat sekolah anak nanti” - pasti gak kesentuh 😂 aku gampang excited sih sama pendidikan anak, dari yang formal sampe yang pengembangan bakat hehee

Artha mengatakan...

Iyah setuju. Merancang masa depan anak tidak bisa seenaknya. Harus benar2 matang. Beruntung bgt di acara ini juga ada parenting talkshow yah

Dewi Nuryanti mengatakan...

Yoi setuju pakai bingit kalau biaya pendidikan kian hari kian mantaf. Orangtua kudu pinter nih cari cara supaya tetap bisa memberikan pendidikan yg terbaik untuk anaknya tapi kagak kelabakan sendiri cari biayanya. Hrs disiapkan jauh-jauh hari. Salah satunya dengan asuransi pendidikan.

Cendekia Channel mengatakan...

wah sungguh sabtu yang berfaedah khususnya untuk Shalom dan Glow ya kak.. bisa menjajal sense of art mereka

Helenamantra mengatakan...

wahahah ngemol berfaedah. Aku pun Minggu ke sana sambil bawa anak. Dia main lego, aku bisa keliling survei sekolah.

Valka mengatakan...

Wah, beruntung banget ya Shalom dan Glow punya orang tua yang peduli dengan pendidikan

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!