Sabtu, 30 Agustus 2014

Hidup Air!

Seiring pertambahan usia, saya makin sadar diri akan pentingnya menjaga kesehatan. Soalnya udah terasa banget kalau badan nggak se-'tahan banting' dulu. Dikit-dikit pegal, sebentar-sebentar kram, kurang tidur langsung migrain, telat makan sedikit saja jadi mual. Duh, umur 30-an kok rasanya udah jompo yaaaa...

Beberapa hari lalu saya memasuki usia baru. Momen itu saya gunakan untuk me-review kehidupan dan membuat sejumlah komitmen bagi diri sendiritermasuk dalam hal kesehatan pribadi. "Apa saja yang bisa saya lakukan untuk pola hidup yang lebih sehat?" ujar saya dalam hati. Menjalani pola makan khusus seperti raw food, clean eating, ataupun green lifestyle sepertinya belum memungkinkan. Mengingat saya termasuk orang yang doyan makan penikmat kuliner, sulit mendisiplinkan diri menjalani diet semacam itu. Pada akhirnya, saya berkesimpulan beberapa poin ini yang bisa saya lakukan untuk hidup yang lebih sehat:

  1. Rutin berolahraga. Yang biasanya yang saya lakukan meliputi stretching, cardio workout, dan dance. Mungkin nantinya saya akan menjajal jenis olahraga lainnya. Tapi poin terpenting di sini adalah RUTIN.
  2. Lebih selektif memilih makanan dan mengontrol porsi makan. Daripada diet ini-itu, paling tidak kedua hal ini yang masih realistis untuk saya.
  3. Banyak minum air. Eits, jangan kira ini cuma wacana basa-basi, saya beneran serius berkomitmen untuk minum air MINIMAL 2 liter (dan menargetkan 3 liter) setiap hari! Alasannya akan saya jabarkan lebih lanjut setelah ini.



Kenapa Harus (Banyak) Minum Air?
Sekitar 60% tubuh manusia merupakan cairan. Fungsi cairan dalam tubuh meliputi pencernaan, penyerapan gizi, sirkulasi dan transportasi, serta mengatur suhu tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan, bisa ditebak dampaknya adalah mengganggu fungsi-fungsi tersebut. Makanya, sangatlah penting mencukupi cairan dalam tubuh dengan banyak minum air.

Mengonsumsi air putih juga disebut-sebut sebagai salah satu metode diet alami. Seperti yang saya bilang tadi, saya sendiri bukan tipe orang yang disiplin menjalani berbagai jenis diet ini-itu; tapi kalau 'cuma' banyak-banyak minum air harusnya sih bisa saya praktikkan. Minum air memang nggak secara langsung dan ajaib mengurangi berat badan, akan tetapi bisa menjadi pengganti makanan dan minuman lainnya yang berkalori tinggi. Bahasa gampangnya: daripada ngemil macam-macam atau minum yang manis-manis, lebih baik mengisi perut dengan air putih. 

Bukan sekadar menunda lapar, faktanya: 7 dari 10 kali saat kita berpikir bahwa kita lapar sebenarnya tubuh sedang membutuhkan cairan. “Terkadang sulit untuk membedakan antara rasa haus dan lapar,” kata Profesor Brian Wansink, penulis buku Mindless Eating: Why We Eat More Than We Think.  

Alasan lainnya saya berjanji banyak minum air juga berkaitan dengan komitmen untuk rutin berolahraga. Menurut Dr. Steven Guest, seperti yang tertulis dalam situs WebMD, saat sel-sel otot kekurangan cairan maka kinerjanya tidak akan optimal. Kalau nggak banyak minum air, saya pasti nggak akan kuat berolahraga juga, otot-otot jompo ini pasti cepat terasa nyeri dan pegal. 

Satu alasan lagi mengapa saya ingin berusaha banyak minum air putih, terlihat dari gambar di bawah ini:
:: pic source ::

Bukan, gambar di atas bukanlah iklan produk skin care ataupun perawatan kecantikan. Percaya atau tidak, gambar tersebut menampilkan efek dari minum air putih sebanyak 3 liter perhari. Perubahan yang drastis nampak dengan jelas dalam 4 minggu *and no, it is not photoshopped!*

Wanita pada foto di atas bernama Sarah Smith, seorang ibu 2 anak asal Inggris. Saat Sarah menderita migrain dan memeriksakan diri ke dokter, sang dokter merekomendasikan agar wanita berusia 42 tahun tersebut menghentikan konsumsi kafein dan meningkatkan asupan air putih. Setelah menjalani rekomendasi dokter, dari hari ke hari Sarah merasakan berbagai dampak positif. Selain terbebas dari migrain yang dideritanya, "saya merasa lebih fit, lebih sehat, tubuh lebih ringan; suami dan teman-teman juga bilang saya tampak 10 tahun lebih muda," ungkap Sarah.

Seiring perjalanan usia, kondisi kulit memang mengalami degradasi. Kemampuan tubuh untuk menghasilkan kolagen makin lama akan semakin lambat, dan elastin semakin kehilangan kelenturannya. Padahal, kedua zat ini—kolagen dan elastin—sangat dibutuhkan untuk memberikan kekencangan dan kekuatan pada kulit. Itulah sebabnya ketika seseorang bertambah tua, secara alami akan muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput, flek hitam, serta kulit pun menjadi lebih kasar dan kusam. Hal ini juga saya alami. Kalau di usia 20-an dulu saya bisa lebih cuek dengan perawatan kulit, cukup 'dempul' sedikit dengan make up. Sekarang, foundation dengan bedak saja nggak akan cukup menutupi wajah kusam dan garis-garis halus yang mulai nampak. Jadi, banyak minum air bukan cuma jadi resolusi sehat, tapi juga resolusi cantik! 


:: original image by Zsuzsanna Kilian ::


* * * * *

Saat ini ada berbagai jenis air minum yang bisa kita pilih seperti air mineral, oxygenated wated, air alkali, air distilasi, vitamin water, juga infused water. Apa pun pilihan kita, pastikan kualitasnya baik dan sumbernya jelas. Saya pribadi memilih air putih yang berasal dari sumur bersih di rumah, yang telah direbus sampai matang. Selain itu, saya juga mengonsumsi air mineral. Demi kesehatan pribadi dan keluarga, pilihan saya jatuh pada AQUA yang berasal dari sumber mata air yang terpilih dengan segala kemurnian dan kandungan mineral alami yang terpelihara, serta dikemas dalam proses higienis.  

Melalui tulisan ini, saya juga mau ajak kamu (ehm, Anda deh biar lebih sopan ya..) untuk ikutan banyak minum air. Nggak perlu takut kembung kok, paling-paling jadi lebih sering buang air kecil; itu pun hal yang positif karena kotoran-kotoran sisa metabolisme tubuh akan keluar bersama urin. Kalau saya dan Anda yang baca artikel ini mau lebih banyak minum, kemudian jadi lebih sehat, lalu sharing informasi ini dan mengajak keluarga, kerabat, dan teman-teman untuk melakukannya juga; saya optimis akan terwujud (masyarakat) Indonesia yang lebih sehat. Sebuah mimpi besar yang dimulai dari langkah kecil. Yuk!

10 komentar:

Anonim mengatakan...

Mauuuu aaahh, minum AQUA teruuzzz... soalnya, mau kulit kencang, badan sehat, jadi cantik bingits.
Keren nih mak.

evrinasp mengatakan...

wah mak, saya baru tahu kalo harus minum air 3 liter per hari, saya masih kurang banget mak

Sonya Tampubolon mengatakan...

makasih udah berkenan mampir mak'emak kece @bukanbocahbiasa & @evrinasp; yuk mari minum! *angkat gelas* ;)

mak irul mengatakan...

mau juga mulus kayak gitu..mari minum hehehehe

Sonya Tampubolon mengatakan...

mariiii @mak irul! :D makasih udah mampir ya..

graciemelia mengatakan...

Hai Eda Sonya. (Sok kenal sok dekat nih panggilnya 'Eda') Hahaha. Ini kunjungan pertamaku ke sini, so salam kenal ya ^_^ Ih nama anak-anaknya bagus banget deh *misfokus*
Hmm, sama deh Mak. Aku juga udah ngerasa nggak tahan banting. Yuk minum air banyak-banyak sama-sama. Sukses ya lomba nya ^_^

Sonya Tampubolon mengatakan...

ahahahhh.. makasih banyak kunjungannya eda @graciamelia! semoga sukses juga ;)

Ika Candra mengatakan...

3 liter ? saya termasuk yang jarang minum mungkin ini yang bikin kurang mulus#tanyakenapa mudah mudahan berkenan juga mampir ke http://www.naymahaq.blogspot.com/2014/08/aqua-kebaikan-alam-kebaikan-hidup.html#links

Sonya Tampubolon mengatakan...

beneran ngaruh loh mak @ika candra, mulai dari muka sampe kulit kaki yg sering pecah2 bisa berkurang dan lbh mulus klo banyak minum :) sip nanti aku mampir yaahh

mutia ohorella mengatakan...

Bener Mak, sulit membedakan lapar dan haus. Mau nya makaaan terus! hehe :) semangat berkarya ya mak...:)

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!