Rabu, 13 Desember 2017

13 Merek Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya: Public Warning BPOM 2017


Sebagai seorang makeup lover, saya selalu prihatin melihat maraknya peredaran produk kecantikan (baik makeup maupun skincare) yang mengandung bahan berbahaya. Jujur, ada masanya saya sendiri mengutamakan harga murah dalam membeli kosmetik--nggak terlalu peduli dengan merek dan kualitas--termasuk soal keamanan bahan yang terkandung di dalamnya. Namun seiring pertambahan usia kedewasaan dan informasi, saya mulai lebih selektif memilih kosmetik.

Ketika bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan kulit beberapa tahun lalu, saya jadi aware mengenai beragam masalah kulit dan gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan dari bahan-bahan berbahaya dalam produk kecantikan. Beberapa efek buruk yang dapat ditimbulkan antara lain: reaksi alergi, iritasi seperti kulit merah dan rasa terbakar, serta pengelupasan yang berlebihan. Bahkan lebih jauh lagi, bahan berbahaya yang kerap digunakan dalam kosmetik bisa mengakibatkan cacat pada janin, menimbulkan gangguan fungsi hati, menyebabkan depresi syaraf pusat serta gagal ginjal, juga memicu kanker kulit dan kanker hati. Ngeri ih!

Oleh sebab itu, setiap tahun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan sejenis "Public Warning" yakni pengumuman nama-nama produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, sebagai peringatan kepada masyarakat. Apa saja produk yang masuk black list tahun 2017 ini? Apakah kosmetik Anda termasuk di dalamnya? Baca sampai habis yaaa...

Senin, 11 Desember 2017 lalu saya diajak teman-teman Blogger Jakarta ke sebuah acara bertajuk "Aksi Peduli Kosmetika Aman dan Obat Tradisional Bebas Bahan Kimia Obat" yang digelar oleh BPOM RI. Bertempat di Balai Kartini, acara siang itu turut menghadirkan sejumlah selebriti nasional yang memiliki kepedulian terhadap dunia kesehatan dan kecantikan. Sebut saja di antaranya Ade Rai, Ramzi, Maia Estianty, Christian Sugiono, Maudy Koesnaedi, Chiki Fawzi, Alyssa Soebandono, Tika Bravani, serta Miss International 2017 - Kevin Liliana.

makasih udah ajak aku ya manteman Blogger Jakarta ^__^
:: Dok. Blogger Jakarta ::
mbak Maudy Koesnaedi menunjukkan dukungannya
:: Dok. Pribadi :: 

Saya Peduli, Kamu Peduli, Kita Semua Peduli
:: Dok. Pribadi ::


Dalam acara yang juga mengundang media dan pihak-pihak terkait seperti produsen serta distributor obat dan juga kosmetik tersebut, aksi peduli ditunjukkan secara simbolis melalui hand stamp (cap telapak tangan) serta tanda tangan pada dinding khusus yang telah disediakan. Saya juga nggak mau ketinggalan dan ikut berpartisipasi loh :)

Highlight lainnya dalam acara tersebut adalah peluncuran aplikasi Public Warning Obat Tradisional. Saya sempat rekam momen detik-detik peluncuran apps tersebut dan upload ke channel YouTube saya.


"Aplikasi ini merupakan program berbasis Android yang berisi daftar produk obat tradisional yang dinyatakan berbahaya. BPOM berharap aplikasi ini akan memudahkan masyarakat untuk memilih produk obat tradisional yang aman untuk dikonsumsi," papar Penny K. Lukito, Kepala BPOM RI. Hmm, sayangnya apps ini baru tersedia untuk obat tradisional ya. Saya nungguin aplikasi sejenis untuk cek kosmetik, semoga segera nyusul dibikinin sama BPOM deh. Hehe.

[ Livetweet saya saat acara #AksiPeduliOTKosAman bisa dibaca mulai dari sini ]


Daftar Kosmetika Berbahaya
Selama tahun 2017, BPOM menemukan 26 jenis kosmetika yang mengandung bahan berbahaya. Bahan berbahaya yang teridentifikasi dalam sejumlah produk makeup dan skincare tersebut ialah Merkuri, pewarna Merah K10, dan pewarna Merah K3; ketiga bahan ini bersifat karsinogenik yakni dapat menyebabkan kanker. Selain itu, ditemukan pula produk kosmetik yang mengandung bahan kimia obat Klindamisin. Bahan kimia obat (BKO) tidak diperbolehkan terkandung dalam produk kosmetik, sebab semestinya dosis dan penggunaannya disesuaikan dengan kondisi pasien/konsumen di bawah pengawasan tenaga medis.

Inilah daftar kosmetika mengandung bahan berbahaya sesuai Public Warning 2017 dari BPOM:
1. BEAUTY G - Day Cream
2. LIXIAO - Night Cream
3. ROSE - Night Cream
4. D'SWISS - Night Cream
5. L'COME - Day Cream
6. LA WIDYA COLLAGEN - Day Cream
7. LABITHA - Night Cream
8. KOREAN WIDYA - Night Cream
9. OZERA
    - Nail Polish Color No.8
    - Lipstick #29
    - Lipstick #53
    - Lipstick #54
    - Lipstick #57
    - Lipstick #80
    - Lipstick #22
    - Lipstick #66
    - Lipstick #131
    - Lipstick #77
    - Lipstick #82
10. SALSA MEIXIIE
     - Lip Liner Ungu
     - Lip Liner Pink Ungu
11. SALSA
     - Nail Polish 36
     - Nail Polish 38
12. IMPLORA
     - Nail Polish 064
     - Nail Polish 092
13. POLIEKSTRAK - Acne Cream

There you go! Itulah daftar produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya hasil temuan BPOM RI sepanjang tahun 2017. Tentunya masih banyak merek produk kosmetik lain yang 'abu-abu' alias diragukan legalitas maupun keamanan kandungan di dalamnya. Kita sebagai konsumen mesti bijak memilih dan tidak gegabah. Nggak mau kan terkena risiko-risiko yang saya sebutkan di awal tulisan ini? Nah, BPOM juga ngasih 5 Langkah Cerdas Pilih Kosmetik yang disingkat KLIKK -- yakni dengan memperhatikan:
K= Kemasan
L= Label
I = Izin edar berupa notifikasi
K= Kegunaan dan cara penggunaan
K= Kadaluwarsa
Trus, gimana kalau kita menemukan kosmetik yang mencurigakan atau meragukan? Jangan ragu untuk menghubungi dan melapor melalui HALOBPOM. Bisa telpon ke nomor 1500533, SMS ke 081219999533, email ke halobpom@pom.go.id, atau via Twitter @bpom_ri.

Thanks for reading and see you next time!

17 komentar:

sifora mengatakan...

untuk saya pribadi yang ga terlalu suka berdandan ataupun hias wajah , cuma pas lihat kosmetika yang mengandung bahan berbahaya ngeri juga sih ya!
harus semua masyarakat kudu mendukung aksi peduli BPOM ini bukan hanya pemerintah saja,, namun dari industri kosmetika pun wajib mengetahui dan paham betul akan komposisi kosmetika yang berbahaya untuk manusia. Semoga kedepannya ga ada lagi orang ataupun pihak yang tidak bertanggung jawab dalam membuat atau memproduksi kosmetika ilegal

Ria Bilqis mengatakan...

Untung dari ke 13 nama daftar kosmetik berbahaya diatas saya ga pernah pakai.alih-alih bukan tambah cantik, tambah rusak aja wajah.

Uwien Budi mengatakan...

Merk-merknya enggak familiar, ya.

Helenamantra mengatakan...

Aku malah ga pernah dengar merek di atas. Saluran distribusi mereka lewat mana ya?

Utie adnu mengatakan...

Duhh untungnya ngga pernh tertarik pakai kosmetik yg gk dikenal mending merk lokal ya mba,,Yang ngebrand gitu dan halal

Hanni Handayani mengatakan...

wow ada merk terkenal yang masih mengunakan bahan baku berbahaya, Ga jaminan mahal/terkenal bagus

Leyla Hana mengatakan...

Wah makasih infonya. Untung saya gak pake semua merk di atas.

Ovianty _ mengatakan...

Saya dulu pernah mba, pake obat cina buat muka. Yang ada muka saya jadi putiiiihhh sekali, beda sama kulit asli. Untungnya nggak saya terusin.
Memang sih, pake obat pemutih yang nggak aman, muka dikelupas, lalu merah kayak kepiting rebus. Putihnya jadi cepet banget. Sekarang maunya kosmetik yang aman aja, serem

Natara mengatakan...

Baca ini bener bener bikin kita harus waspada lagi dalam memilih kosmetik ya... Soalnya kosmetik emang deket banget ama kalangan ibu ibu kaya kita ini...

Tika Samosir mengatakan...

Betul banget semua kosmetik harus bebas dari penelitian BPOM. Kita wanita pun aman dan semakin cantik memakainya.

Akarui Cha mengatakan...

Makasih banyak mba. Jadi perlu makin berhati hati lagi nih, milih kosmetik.

Lathifah Edib mengatakan...

Info menarik ttg kosmetik nih. Makasiiih.

Dewi Nuryanti mengatakan...

Sebagai konsumen memang hrs cerdas dan teliti. Harus cek dan ricek dulu. Jgn sampai mudah tergoda hrga murah. Apalagi utk kosmetik. Ih serem, bisa bonyok ntar tuh bibir atau muka krn pake kosmetik berbahaya.

Sarni Kurniati mengatakan...

Wah Makasih mbak Sonya, informasi yg hrus disebarluaskan, biar gak salah memilih kosmetik,

retno mengatakan...

Hmmm... untunglah aku tidak pernah menggunakan produk-produk tersebut...
Jadi tahu, soal KLIKK... noted deh, terima kasih sharingnya...

MS Glow Whitening Body Series mengatakan...

teriamaksih atas infonya berguna sekali dan jangan lupa juga kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-whitening-body-series/

Fanny f nila mengatakan...

Aku ga mau main2 kalo masalah kulit. Milih skincarenya bener2 diperhatiin. Pokoknya hrs ada izin bpom. Yg udh dpt izin aja kadang belum tentu cocok utk kita, apalagi yg blum berizin ya mba.

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!