Selasa, 22 Desember 2015

Petualangan itu Bernama "Karier"

"My Job My Adventure" adalah tema yang dipilih oleh Student Advisory Center (SAC) Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk event Expert Sharing beberapa waktu lalu. Nyata sekali bahwa kampus ini memiliki concern terhadap kesuksesan para lulusannya--bukan hanya secara akademis, melainkan dalam mendapatkan pekerjaan.




Data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada laman Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa total pencari kerja terdaftar pada tahun 2014 adalah sebanyak 1.295.149 orang. Sementara lowongan kerja tersedia yang terdaftar hanya sebanyak 816.505 lowongan, dan pemenuhan tenaga kerjanya pun hanya mencapai 625.187. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat ketimpangan antara lowongan kerja yang tersedia dengan jumlah pencari kerja. Inilah salah satu latar belakang kampus Binus hendak menfasilitasi mahasiswanya dengan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam mempersiapkan diri hadapi dunia kerja.

Satu hal yang paling menarik dari ajang work preparation ini adalah

... (wait for it) ...
...
..
.

saya dan tim "Work It, Girl" jadi pembicaranya! 
yup. saya, Jessica, dan Riesma yakni penulis buku "Work It, Girl" yang juga founders of DailySylvia.com dipercaya sebagai para 'experts' yang bisa sharing soal seluk-beluk dunia karier dalam talkshow yang digelar Rabu, 16 Desember 2015 lalu.
HOW AWESOME IS THAT?!
it was pretty awesome, indeed,
seperti yang pernah saya sebutkan juga di post Penulis Harus Kepo, I love sharing my knowledge and my experience; and I also love Public Speaking--jadi sekali lagi, event kayak gini mah saya hayuk banget lah!


Eniweiii.. sesuai judul acaranya Expert Sharing: My Job, My Adventure; kami bertiga membahas seputar karier sebagai sebuah petualangan baru yang bakal dialami oleh para fresh graduate. Di hadapan 200+ Binusian (mostly mahasiswa/i tingkat akhir), kami share berbagai informasi, pengalaman, serta tips dlm menghadapi petualangan bernama karier. Dibuka oleh info dari Jessica soal generasi Millenials serta plus minus generasi ini dlm dunia kerja, bagaimana cara mengenali passion dan goals--and why it's okay if you don't know yet! Lalu lanjut ke Riesma yang bahas cara2 mendapatkan pekerjaan, juga style (outfit) yang tepat saat wawancara maupun bekerja. Sedangkan saya, membawa para mahasiswa/i--yang hampir semua nol pengalaman kerja--membayangkan telah masuk ke working world.

Waktu saya mengemukakan perbedaan antara College Life dgn Professional Life, saya bisa lihat ada beberapa wajah mengernyit khawatir. Semacam wake-up call lah sepertinya, Begitu pula ketika saya paparkan mengenai Rambu-Rambu Rekan Kerja (pernah dibahas di DS), yang perlu diterapkan pula sampai ke cleaning service maupun satpam; beberapa orang nampak tertunduk resah. Hehe. Semoga sih sharing saya nggak hanya menjadi 'tamparan' kesadaran buat mereka, tapi terlebih lagi menjadi info berharga dan panutan yang dapat diikuti.

Sedangkan bahasan yang paling HOT yang kami bertiga bahas masing2 dgn angle berbeda adl seputar 'The Power of Social Media' bagi karier. mulai dari efektivitasnya utk menjalin networking dan membentuk personal branding, sampai kesalahan2 penggunaan medsos yg mampu menghancurkan karier seseorg. Kenapa topik ini saya sebut hot? karena rasanya paling dekat dengan kehidupan para peserta, sehingga paling relevan dan jg applicable.

Unfortunately, karena keterbatasan waktu maka ada sejumlah bahasan lain yang nggak sempat saya uraikan. Semoga saja ada kesempatan2 berikutnya untuk sharing bahasan tersebut--baik di Binus maupun kampus lainnya, atau bahkan di kantor2.

Ibarat sebuah petualangan, perjalanan karier akan dapat terasa lebih nyaman dan tenang jika kita telah melakukan persiapan sebelumnya. Bukan untuk menghilangkan excitement atau elemen kejutan di dalamnya, melainkan jadi sebuah bekal agar petualangan karier jadi lebih berarti. Jujur, saya pribadi percaya bahwa buku "Work It, Girl!" bisa jadi bekal berharga bagi siapapun (terutama wanita) dlm memasuki dunia karier.
*blom tau soal buku ini? ciyan deh kamu, intip contekannya di post Buku Pertamaku yak!

Akhir kata, selamat menikmati beberapa foto dokumentasi event Expert Sharing: My Job, My Adventure yang merupakan kerjasama antara SAC Binus dengan "Work It, Girl!"








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!