Kamis, 25 Juli 2013

Twit Si Uni dan SMS Si Habib

Sebelum memulai posting ini saya mau menerangkan dulu judul di atas--supaya tak terjadi kesalahpahaman atas sebutan "uni" dan "habib". Yang saya maksud dgn Si Uni adalah Uni Fahira Fahmi Idris, seorg pengusahan dan aktivis sosial. Sementara Si Habib adl Habib M.Rizieq, ketua umum FPI. 

capture SMS dr habib
Kemarin, 24 Juli '13, melalui akun @fahiraidris, si uni ngetwit SMS si habib beserta tanggapan darinya. Buat yg belum baca SMSnya, silakan buka timeline si uni ato biar lbh gampang udah ada yg bikin versi chirpstory-nya di sini.

Tadinya saya mau lampirkan di posting ini sekalian, tapi sori-demori, SMS dlm bentuk images itu ada 31 bijik, khawatir kepenuhan dan malah ga dpt esensi dari postingan ini nantinya. Lagipula, saya yakin udh cukup banyak yg baca SMS si habib dan twit si uni, jd posting ini akan lbh membahas respon saya thd kicauan uni Fahira Idris tsb.

Sekitar jam 3 pagi tadi saya bangun utk menyusui baby Glow. Spt biasa saya cek2 TL utk mengusir kantuk dan spy seger saat menyusui. Saat itulah saya membaca salah satu akun yg saya follow meng-RT twit uni yg blg abis dpt SMS dr si habib. Penasaran, saya pun membaca dr awal twit uni soal SMS habib tsb. Stlh membaca twit2 panjang si uni, saya ga bs nahan diri utk ga merespon, jd inilah twit saya yg mention si uni jg:

(1) baca TL uni yg isinya sms habib rizieq dan kecewa berat. uni kok ga pinter2 sih? -_-

(2) uni , mosok gt aja terharu? emang dr dulu blm tau klo habieb pinter bacot? ngetwit bacotannya sm aja bantu dia boongin org2

(3) sblm acara di tv one mereka ga mo ngaku salah, malah sibuk cari kambing hitam, segala blg diserang preman kristen, tau kan uni ?
siapatau ada yg blm liat, silakan baca berita abal2 soal adanya 'preman kristen' di sini: http://www.suara-islam.com/read/index/7764/Preman-Kristen-Sudah-Rencanakan-untuk-Serang-FPI *baca tapi ga usah percaya, krn sama sekali ga ada bukti smpe skrg*

(4) nah trus stlh acara itu, yg menampilkan video cctv tindakan anarkis fpi, baru deh habieb rizieq nunjukin se-olah btanggungjwb
eh pada nonton gak ILC di TV One dua mlm lalu? intinya sih di situ kebuka dgn bukti cctv kebusukan dan anarki FPI--dan di situ pun org FPI msh menyangkal dgn blg video cctv itu rekayasa/simulasi/jebakan dan perlu diselidiki siapa yg syuting *yak silakan ketawa*


PREEETTTT!

(5) "oknum FPI yg bsalah hrs ditindak" lah tiap kasus jg begitu, nyatanya saat so-called-oknum ditahan, rekan2 sisanya anarkis jg
ini mengomentari twit uni yg bunyinya begini: "Sy masih percaya bhw saya hidup di Negara Indonesia, dimana HUKUM BISA di TEGAKkan bila mau.. jd bila ada Oknum FPI yg Anarkis, ADILI..!"

(6) so-called-oknum FPI stlh bebas dr tahanan trus balik lg ke ormas trus anarkis lg, iya ato iya nih uni ?

(7) dan FPI slalu blg media cm angkat anarkis mereka, ga pnh aksi positif mereka. yaelah uni , gereja saya jg rutin pelayanan ...

(8) pelayanan gereja mulai dr ke penjara2, panti asuhan, panti jompo, RS, korban bencana, jg kaga pnh diliput media. buat apaan jg? @fahiraidris
maap klo di sini yg saya pake sbg contoh adl pelayanan gereja, sama sekali bukan bermaksud membandingkan Islam dengan Kristen. buat saya, FPI sama sekali NGGAK MEWAKILI MUSLIM atau agama Islam; dan saya pake cth gereja se-mata2 krn memang itu cth nyata yg saya tau persis, saya pnh terlibat di dlmnya, dan yg kepikiran saat ngetwit (msh subuh nih broh). tapi basically subjek "gereja" di sini bs aja diganti dgn karang taruna, LSM, atau komunitas lainnya yg sering bikin aksi sosial. intinya saya mo blg, klo aksi sosial yg tulus sih ga usah minta diekspos media--bukan begitu, bukan?

(9) ya pantes lah klo yg disorot media itu soal tindakan anarkis, krn itu di luar batas kewajaran, bukan begitu uni ?

(10) smentara klo aksi positif FPI (yg sbny emang kewajiban warga negara) apa musti diekspos jg demi "berimbang" dgn anarkisme, ?

(11) uni sbg aktivis dan pny bnyk followers di twitter, IMHO udh menggiring opini publik utk mentolerir (lg) FPI. payah bgt!

(12) Jd klo ada insiden2 lg, korban2 lg dari FPI; sorry to say uni , your hand is in that blood. uni ikutan terlibat di situ :/

(13) selamat sahur ya uni . dr lubuk hati terdalam saya tulus mendoakan ibadah puasanya lancar dan uni bs lbh bijak. amin.

Demikian kicauan saya pada si uni. Dibales nggak sama uni? Dibales dong! Balesannya sbb: 


Terima Kasih Banyak ya.. :) mhn maaf lahir bathin..

*yak, tnyt yg dibales dan dibahas cm twit saya yg terakhir*

        

Saya bukan aktivis, pemerhati sosial, and definetely not-into-politics. Jujur, saya malah tipe yg udh apatis bgt saat ngomongin FPI. saya merasa udh ga ada gunanya kok klo tereak2 "bubarkan FPI!", nyatanya--entah kenapa--FPI dipelihara oleh negara *semacam fakir miskin dan anak terlantar mungkin yah..*

Tapi yg bikin saya 'terganggu' bgt dgn twit uni adl bagaimana seorg aktivis yg pny bnyk followers justru menggiring opini publik ke arah yg sesat. klo kita ga bisa bubarin FPI, at least kita (= masyarakat banyak) hrsnya ya nggak membela FPI dlm bentuk apapun. FPI pantesnya ya jd public enemy. jgn lg dibelain lah. makin tinggi hati dan seenak jidat, soalnya. Uni spt org kita pd umumnya, mau berprasangka baik sm siapapun--termasuk FPI, tapi apa iya FPI msh perlu kita kasih prasangka baik? Hellooowww.. mau ditindas, di-bego2in, dan dihakimi brp lama lg sih sama 'dewa2 kebenaran' itu? 

Uni Fahira Idris pny lbh dari 119 ribu followers di Twitter, sedangkan akun saya (@see_sonya) cm punya  662 orang followers. Yg baca dan yg terpengaruh sm twit uni otomatis jauuuuhhh lbh banyak drpd yg baca twit saya. 
Makanya saya bikin postingan ini di blog, berharap bisa lbh banyak org yg baca--dan klo sepaham--SHARE link blogpost ini atau RT twit saya. 
Jgn sampe lbh banyak orang yg bs menolerir FPI drpd yg menyadari kebusukan dan intrik2 mereka.   

FPI is brainless. Kita jgn ikutan begok.

2 komentar:

Arifah Abdul Majid mengatakan...

hai mak Sonya, salam kenal ya ^^
mudah2an hal-hal anarkis yang dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan Islam ga terulang2 lagi, itu sangat mencoreng agama Islam. mudah2an kita bisa saling bijak ya mak.. btw, saya baru baca soal Fahira Idris ini lho mak, hehe *kudet*

Sonya Tampubolon mengatakan...

hai mbak Arifah @RumahJurnalku :) amin, iya mudah2an mereka nggak berulah lagi. tapi saya pribadi nggak pernah mengaitkan mereka dgn agama Islam kok... buat saya mereka adalah oknum. makasih udah mampir ya mbak...

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!