Jumat, 21 Juni 2013

Review: Man of Steel

Heyho! Kembali lagi ke review suka-suka ala saya ^__^

:: pic source ::
Kali ini yang mau saya review adl film Man of Steel--film teranyar yang diadaptasi dari komik superhero terkenal: Superman.
*Btw, jd inget pas di bioskop ada anak yang kaget liat trailer film ini trus teriak "kok ada film Superman? kak nonton itu aja deh yok!" Rupanya si bocah malang itu nggak tau kalo Man of Steel adl film Superman, sementara si kakak yg diajak bicara nggak nanggepin adeknya karena niat awal mereka adl nonton Coboy Junior The Movie*

Eniweiiii... back to the movie. Emang belakangan ini sptnya tren film superhero adalah back to basic; menjelaskan asal mula si pahlawan super dgn lbh mendalam--seperti pada Batman Begins dan The Amazing Spiderman. Setali tiga uang, film Man of Steel juga berfokus pada asal mula Superman.

Menceritakan tentang kehidupan di planet Krypton, tempat kelahiran Kal-El, putra dari ilmuwan bernama Jor-El (Russell Crowe) yg sdh memprediksi kehancuran planet Krypton akibat eksploitasi sumber daya alam yg dilakukan oleh para petinggi pemerintahan planet tsb. Masalah diperkeruh dgn tindakan pemberontakan oleh Jendral Zod (Michael Shannon) untuk mengambil alih kekuasaan. Dengan harapan bayi Kal-El bisa bertahan hidup dan melanjutkan kehidupan planet Krypton, Jor-El lalu mengambil 'langkah iman' dengan mengirimkannya ke planet lain yakni Bumi.

Di bumi, Kal-El ditemukan dan dibesarkan oleh sepasang suami istri, Jonathan Kent (Kevin Costner) dan Martha Kent (Diane Lane). Dengan nama Clark Kent (Henry Cavill), Kal-El berusaha keras beradaptasi dan mengelola kekuatan super yang dimilikinya. Drama kehidupan Clark Kent saat kecil dan remaja jadi bagian yang menyentuh dan mengharukan di film ini. Selain asal usul dan kisah masa lalu, film ini juga menampilkan perjuangan Superman untuk diterima oleh masyarakat bumi sbg seorang pahlawan--bukan makhluk aneh yang menakutkan.

Daaan tentunya film Superman tak akan lengkap tanpa kehadiran sosok Lois Lane (Amy Adams). One thing I love from this movie, Lois Lane-nya KERJA banget! Jadi cocok disebut jurnalis pemenang Pulitzer. Bukan cuma dateng liputan-liputan cantik. Dan salah satu kerjanya yg paling sukses adl menemukan jati diri Clark Kent sbg sang Superman.

Lois Lane
:: pic source ::


Smallvile Much?!
Mungkin karena film Man of Steel banyak bercerita ttg masa muda Clark Kent, saya lebih merasa spt nonton "Smallville" ketimbang "Superman". Apalagi pemeran Clark Kent di film ini menurut saya mirip sama pemeran Clark Kent di Smallville TV Series.
Henry Cavill as Clark Kent, Man of Steel
:: pic source ::

Tom Wellington as Clark Kent, Smallville Series
:: pic source ::
Oh, dan saya suka small details adanya tokoh Lana cilik di film ini. Walaupun cuma satu scene, tapi kelihatan kalau ada chemistry antara Clark dengan Lana. Yes, people ... LANA IS NOT LOIS LANE. Banyak loh yg ngira tokoh Lana Lang di Smallville itu adalah titisan *lu kate Nyi Blorong punya titisan* nama lain dari Lois Lane. Bahkan suami saya pun ngirainnya gitu. Bukan, cuy! Lana tuh ceritanya cinta monyetnya si Clark waktu abegeh gitu looh ;D

Just Like Jesus
Tokoh Kal-El a.k.a Clark Kent a.k.a Superman di film Man of Steel ini sedikit banyak mengingatkan saya dengan Yesus. Eits, jgn langsung ilfil sama review ini karena bawa-bawa agama dan Tuhan, bukan gitu jg maksud saya, ini secara karakterisasi aja kok... Dan bukan cuma saya yang mikir begini. Pas nonton, saya dan suami langsung "Beuh, kayak Yesus yaaa", trus suami saya pun sempet baca beberapa review film dan obrolan2 di forum film maupun forum Kristen yang mengungkapkan hal serupa, bahwa film Man of Steel banyak menggunakan tokoh Yesus sebagai referensi.

Beberapa kemiripan si Man of Steel ini dgn Yesus antara lain:
  • Tritunggal. Kristiani mengimani Tuhan Tritunggal (Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus), sementara si Man of Steel pny 3 identitas juga di film ini: Kal-El, Clark Kent, dan Superman.
  • Punya 2 ayah. Kalau Yesus punya Allah Bapa dan Yusuf sbg ayahnya di bumi, Superman punya Jor-El dan Jonathan Kent.
  • 33 tahun adalah usia di mana Kal-El mulai mengungkapkan identitas dan berjuang sbg sang Superman, usia yang sama saat Yesus disalibkan.
  • Berkorban utk manusia. Kalau Yesus mengorbankan dirinya di kayu salib untuk menebus dosa manusia, Clark Kent rela ditangkap oleh polisi manusia dan menahan kekuatan supernya, agar manusia selamat dari murka Jendral Zod. 
Selain beberapa kemiripan secara karakteristik, secara visual pun film ini menampilkan Clark Kent di samping gambar Yesus di kaca gereja, yakni ketika Clark berkonsultasi dengan pendeta sblm menentukan langkah menghadapi Zod. Begitu pula pada adegan pertempuran klimaks: Superman melompat dari kapal jendral Zod dan melayang di angkasa dgn posisi tangan terlentang spt sedang disalibkan.

My Verdict
Secara umum, saya suka nonton film ini. Benar-benar mengobati rasa rindu terhadap film superhero. Dan yang terasa istimewa adalah bagaimana sutradara Zack Snyder dan penulis naskah David S Goyer mengarang cerita yang lebih logis, berdasarkan cerita komik aslinya. Jadi lebih terasa realistis. Contohnya tentang lambang menyerupai huruf "S" yang dipakai Superman ternyata lambang keluarga El di planet Krypton yang artinya harapan. 

Yang saya suka juga dari film ini adalah pemilihan cast/pemain yang pas, terutama Russell Crowe dan Kevin Costner. Menurut saya Russell Crowe cocok banget jadi bapak bijaksana berkharisma, tapi teteup jago berantem. Nah kalo Kevin Costner dgn mata teduhnya itu semacam bapak sabar yang siap dikecup #lah 
om, om... kok makin tua makin kecupable sik? *__*
:: pic source ::
Yang saya nggak suka dari film ini adalah efek berantemnya yang terlalu lebay. Iya deh, Superman punya super power yg gede banget. Tapi jadinya lebih mirip disaster movie. Hancur semua itu kota Metropolis kayak udah kiamat juga ._. "Ini sbny film Superman ato 2012 sih?" sampe sempet terlontar dari mulut saya pas nontonnya. Huh.

Dan satu lagi kekurangannya adalahhh... WHERE'S LEX LUTHOR??? Well, hopefully di sekuel berikutnya deh :)

= Saya kasih nilai 4 dari 5 utk film ini =


:: pic source ::



7 komentar:

Eric ng mengatakan...

Memang penulis skrip nya sengaja makai parabel Yesus buat cerita Man of Steel ini kok

Doi bilang di interview majalah Empire

andy mengatakan...

film superman yg bagus menurut saya, sekian lama setelah superman nya christopher reeves, image superman nya dapet, meski ada banyak kurangnya juga. pertama hancur2an nya itu lho, superman menurut komik nggak bakal hancur2an di dalam kota, meski bgitu dia akan berusaha me minimal jumlah kerusakan. kedua, dia "tidak membunuh". seperti kata temannya si batman di film sebelumnya "no gun, no killing" (8.5/10)

Andrie mengatakan...

sebenernya tadi mau copy komen yang pernah aku tulis di sebuah grup socmed, berhubung gak ketemu, oke..tulis ulang aja..agak heran di Indonesia banyak yang kontra sama Man of Steel ini, yahh..sedih sih, karena menurutku ini adalah film superhero yg super keren, dimana seharusnya seperti inilah film superman, he is alien, he is super human..sangat nyata kalo kita pertama kali ketemu atau tau ada orang yang seperti itu kita takut (jadi mikir juga kalo ntar Yesus datang untuk yg kedua kali apakah yg akan kita ekspresikan?)..terus kontra terjadi karena sebagian besar dan mungkin hampir semua penonton yang menyaksikan MoS ini udah naruh ekspektasi yang tinggi, apalagi dengan adanya nama Christopher Nolan, ekspektasinya langsung meroket padahal Christopher Nolan sendiri hanyalah produser, beliau menjaga dan memantau kondisi cerita tapi beliau gak akan me'Nolan'kan MoS seperti halnya Dark Night series..dan mungkin ada hal yang membuat banyak yang meilai jelek film ini adalah karena banyak yang gk sesuai harapan sama apa yang diharapkan, melihat Superman sebagai superhero yg berbeda dari yang mereka tau. Tapi itu mungkin, karena MoS sama sekali belumlah film Superman, ini adalah gerbang Clark Kent/Kal-El untuk menjadi superman, hal itu juga bisa dibuktikan dengan sedikitnya nama Superman diucapkan, hanya 1,5 kali..ini menjelaskan asal muasalnya, apa yang harus Clark Kent putuskan, kenapa dia harus di bumi, kenapa Krypton tidak boleh dibangun kembali, dan kenapa-kenapa lainnya. Dan satu hal kenapa aku bilang ini bukanlah film superman, karena pekerjaannya, yupp..kita mengenal Superman/Clark Kent sebagai wartawan Daily Planet toh? Dan kapan kita menyaksikan dia bekerja disana? Hehehehe
About costum! Oke..ini mungkin akan menimbulkan kehebohan di kalangan kita, tapi..its so simple...itu adalah kostum yang digunakan Superman di komik edisi baru, film ini hanya menyesuaikan dan menurutku kostum ini jauh lebih pantas dan lebih keren daripada adanya underwear yang dipake diluar..hehehehe (just kidding)
Too much action? Well, ini memang teras berlebihan, tapi inilah satu-satunya dewa di dunia komik, sang Superhero yang tak bisa mati (melawan Doomsday aja akhirnya hidup lagi), jadi kekuatan supernya ya memang harus begitu, superhero yang kekuatannya luar biasa ya memang harus 'sedikit merusak', untungnya dijelaskan di film ini alasan Superman tidak pernah mau membunuh musuhnya kecuali sangat terpaksa...dan itupun membuatnya stress.
Satu catatan, belum pernah ada cerita komik yang bisa tampil sempurna banget saat difilmkan. Itu yang harus kita pahami bener-bener.
Dan satu lagi, film Superman hanya mengingatkan saya bahwa Am*rik* sangat merindukan sosok Juruselamat yang bisa divisualisasikan, ironis memang..tapi itu menjadi alasan kenapa adanya kesamaan karakteristik antara si superman dengan Yesus..

Sonya Tampubolon mengatakan...

@Eric Ng: oh ya? wah makasi banyak atas infonya, saya benar2 nggak tau sblmnya :) and thanks a lot for dropping by

@Andy: hehe.. keluhan kita sama yak. terlalu ancur2an metropolisnya :D makasih udh mampir ndy!

@Andrie: whoa, THANKS A LOT for the complete review. rasanya comment lo malah lbh lengkap drpd review gw *secara review gw diselipin opini2 kurang penting :p
I truly appreciate this... makasi banyaaak udh berkenan mampir

Andrie mengatakan...

berlebihan sekali..review ku itu mah cuma setitik gangguan di kepala yang harus dikeluarkan aja kok, gak lengkap, gak penting2 juga hahahahaha

Anonim mengatakan...

Ola Sonya. Br smpt gw cek blog-nya, stlh pergunjingan kita di Twitter. Walaupun gw nontonnya ga sm pacar, tp sm cowok2. Hadeh..

Review Man of Steel apa ya..? Well.., secara garis besar sih menurut gw "Sang Juru Selamat" itu ya Chris Nolan.
There's probably a tagline in Hollywood now. "You wanna get a great movie. Give Chris Nolan a call.".
Yup.., bagi gw Chris Nolan hero-nya, hehe. Memento, The Prestige, trilogi Batman & yg paling membingungkan Inception. Film2-nya SUPERB..!!! semua. Menurut gw Nolan ud menyelamatkan Superman ke level yg pantas. Sama yg kyk dia lakukan buat Batman. OK Nolan cm salah satu produser, sutradaranya kn Zack Snyder. Tp gw rasa andil Nolan jg besar.

Sedikit review, stlh Michael Keaton yg sangar jd Batman, tp kurang cocok jd Bruce Wayne (ya iyalah, org dia aktor komedi). Dilanjutkan Val Kilmer, yg cocok banget jd Wayne, tp ga cocok jd Batman. Abs itu George Clooney, yg ga cocok jd Wayne ataupun Batman (cocokan jd dokter UGD emg dia, blah..). Ud gt film Batman selepas Keaton parah. Colorful Batman..??! That was my thought when I watch'em. Batman itu org depresi, brutal & dingin. Ditambah lg, Batman itu lebih mengutamakan insting Detektif. Bkn Doraemon yg ngeluarin gadget semaunya. DITAMBAH LAGI.., BATMAN ITU SUPER HERO FAVORIT GW..!!! Tp Joel Schumacher bikin Batman jd kyk video clip Rizal Mantovani. Cih.

Eh.., koq jd ngomongin Batman. Hadeh..
OK balik lg ke Man of Steel.
Christopher Reeve adalah Superman. Yg blg ga setuju berantem aj sm gw. Tp sama kyk Manchester United yg susah cari pengganti Peter Schmeichel, franchise Superman jg kesulitan cr pengganti Reeve.
Dean Cain & Tom Wellington tampil di layar kaca, jd ga terlalu noticeable bagi byk org. Setelah menunggu bbrp dekade, dipilih lah Brandon Routh sebagai 'The Man of Steel'. Routh sempurna u/ jd Clark Kent, kaku, kikuk, sering salah tingkah. Tp jd Superman, kayaknya Iqbal dr Coboy Junior aj bs ngalahin dia. Plus akting Routh sendiri ga lebih baik dr Dude Herlino. OK lah ada poin yang menarik, Kevin Spacey sbg Lex Luthor, that was cool. Spacey emg aktor bunglon yg keren, dia bs bikin Luthor jd org yg komedik tp jg kejam. Cukup lah dia untuk menyaingi Luthor-nya Gene Hackman.

Balik ke 2013, Man of Steel. Harapan gw wkt beli tiket, "Let's see what Chris Nolan is about to do now.". Nearly two hours of watching, verdict : 4 out 5 stars. Money well spent.

Pertama, MoS menebus kejijikan terhadap Superman Returns. Emg kita blm lihat akting Cavill sebagai Clark Kent di Daily Planet. Yg terlihat baru Clark Kent anak Mama Martha, hehe. Tp selebihnya 'it was a feast for the eye'. Cavill sesuai, Shannon bengis banget jd Zod dan Amy Adams cute as ever.
Kedua, krn emg base story-nya ttg Krypton, pemilihan General Zod sbg musuh utama jg jd pas banget. Zod adalah musuh Superman terkuat setelah Doomsday (secara otot ya, klo secara otak mah Luthor ga ada bandingannya). Soal pertarungan menurut gw, that's how Superman suppose to brawl. SEMUANYA HANCUR..! Klo ada org yg punya kekuatan kyk Superman di dunia ini & dia berantem jg sm org yg pny kekuatan sama, pasti hasilnya ud kyk genosida dmn2.
Ketiga, khas film Nolan adalah 'it's a bit dark & will make you think'. Jd yg paling menarik dr film ini adalah hal2 kyk gt. Superman itu ga pernah digambarkan pny masalah. Superman itu sempurna. There is no harm you can do to him. Superman beda sm Batman yg stress atau Spiderman yg pny banyak problem. Tp di film ini Nolan menelanjangi Superman dan dikasih dah tuh pergumulannya wkt kecil gmn, wkt Remaja gmn, wkt gede gmn. Superman dimanusiakan oleh Chris Nolan.
.
.
Jd kira2 gt lah review-nya. Gw bkn fans garis keras Superman, yg bahkan memprotes ketidakadaan 'kolor luar' di kostum yg skrg. Tp gw penikmat film2 superhero. Jd kyk lambang 'hope' yg ada di dada Superman, gw berharap jg bsk2 ada film Superman yg bgs. Yg bs membanggakan Mr. Siegel & Mr. Shuster di alam sana.

Sonya Tampubolon mengatakan...

@mike: ah Chris Nolan! why did I missed that on the review... makasih udh ngingetin sepak terjangnya dlm film2 superhero, and thanks for the comprehensive review. sering2 mampir yaaaaaaa

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!