Kamis, 20 April 2017

Shareefa Daanish Main Film "The Curse"

Designed by ddraw/Freepik
"Ma, itu ada film horor baru lagi!" pungkas Shalom seraya menunjuk poster film The Curse saat kami melintas di lorong bioskop beberapa hari lalu. Ya, anak sulung saya yang berusia 6 tahun itu memang sudah hafal kalau mamanya doyan nonton film horor. Well sebenernya sih saya suka berbagai jenis film, 'banci bioskop' lebih tepatnya--alias hobi banget nonton film di bioskop. Hobi tersebut sudah mulai saya tularkan ke anak-anak, tapi khusus genre horor masih hanya jadi konsumsi saya dan suami saja.

Anyway.. kembali ke film The Curse yg posternya terpampang di bioskop kala itu; jujur saja saya nggak terlalu terkesan. Sampai saat saya membaca nama pemainnya. Whoa ... (lagi-lagi) Shareefa Daanish! Penonton film Indonesia, terutama penikmat film horor-thriller-slasher--pasti kenal cewek yg satu ini. Aktris muda berwajah unik tersebut sudah langganan memerankan tokoh 'mengerikan', sampai-sampai predikat Ratu Horor milik almarhumah Suzanna mulai diwariskan kepadanya.


aslinya cantik dan berwajah unik,
tapi bisa 'masuk' bgt ke karakter tokoh menyeramkan. 
Nama Shareefa Daanish mulai diperhitungkan dalam genre film 'ngeri' ketika dirinya berperan sebagai Dara dalam film Rumah Dara atau judul internasionalnya: Macabre. Selain karena akting Daanish yang dingin dan menyeramkan dalam film gore penuh darah serta sayatan, sejumlah penghargaan pun sukses disabetnya melalui film tersebut. Sebut saja di antaranya Best Actress di Puchon Choice Feature - International Competition 2009 dan juga Aktris Terbaik di Independent Film Awards tahun 2011.

Belum lama ini, Daanish kembali hadir dalam film horor yang juga mendulang sukses, Danur. Meski melonjaknya jumlah penonton dipengaruhi oleh banyak faktor, tak dapat dipungkiri prestasi tersebut makin menguatkan positioning Daanish sebagai aktris horor/thriller berkualitas.


Penasaran oleh Kutukan
Bukan... saya bukan mau ngomongin hantu penasaran kok. Hehehe. Justru saya nih yang dibuat penasaran oleh film The Curse (yang kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya kutukan) ini. Tak hanya karena Shareefa Daanish menjadi salah satu pemeran utamanya, melainkan jalan cerita yang masih misterius meski saya memutar trailer-nya beberapa kali.


Tuh kan, seolah banyak teka-teki yang terkandung dari trailer ini. Berbeda dengan poster filmnya yang jelas-jelas menampilkan sosok 'hantu' berwajah mengerikan, trailer-nya samar sekali dalam memperlihatkan makhluk dunia lain. Malahan, saya lebih melihat sisi dramatis film ini melalui tokoh yang diperankan oleh Prisia Nasution --> another talented actress, also one of my favorite.

Yaahhh... memang beginilah saya. Kalau sudah kepo alias penasaran, maka intuisi jurnalis akan mendominasi; dan saya bakal berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya ^__^ Termasuk soal film. Merasa kurang mendapat jawaban melalui trailer, saya akhirnya browsing mencari info lainnya. Mulai dari sinopsis film The Cure, sampai ke latar belakang sutradara film tsb yakni Muhammad Yusuf.    

Sinopsis
The Curse berkisah tentang Shelina (Prisia Nasution), seorang wanita usia 30-an yang berprofesi sebagai pengacara di salah satu biro hukum ternama di Melbourne, Australia. Pada suatu malam, Shelina didatangi makhluk halus di rumahnya. Penampakan roh halus tersebut kian hari kian jelas. Tentu hal ini membuat Shelina gelisah dan juga ketakutan. "Who are you? What do you want? What have I done?" pekik Shelina.

nggg... nganu mbak, itu di belakang ada yang ngikutin >,<

Untuk menjawab keingintahuannya, Shelina lalu meminta bantuan pada paranormal dari Indonesia. Paranormal tersebut akhirnya menjelaskan bahwa roh halus yang mendatangi Shelina memiliki hubungan erat dengan batin Shelina dan juga kejadian di masa lalunya. Apa kah itu???
Sekali lagi, semua masih teka-teki yang bikin penasaran.

Kemasukan Setan, Angker, Misterius
Seperti halnya Daanish yang dikenal sebagai aktris 'spesialis' horor, sutradara film The Curse juga bisa dibilang ahlinya pembuat film horor. Kemasukan Setan (2013), Angker (2014), serta Misterius (2015) adalah 3 film horor di antaranya, yang disutradarai oleh M. Yusuf. Film Angker pun terpilih dan sempat diputarkan di Melbourne pada gelaran Indonesian Film Festival tahun 2015 lalu.

Dari prestasi tersebut lah nampaknya nama M.Yusuf dan hasil karyanya dilirik oleh production house di Australia. Terbukti, Triple A Films mempercayakan Yusuf untuk membuat film The Curse yang proses syutingnya 100% di negeri Kangguru tersebut. Wow. Sebuah prestasi yang nggak bisa diremehkan bila sineas nasional meraih kepercayaan dan kesempatan besar dari PH internasional seperti ini.

Kapan Tayang?
The Curse dijadwalkan tayang di bioskop 27 April 2017. Berani nonton, nggak? :P
Buat yang berani--dan emang suka nonton horor--yuk lah kita nonton bareng.
See you next time!

9 komentar:

Dewi Nuryanti mengatakan...

Hmm.. Banci bioskop? Sama dong kitah wkwkwk. Selalu suka dengan akting Prisia Nasution,so, pasti nonton deh

Mira Utami mengatakan...

Akuu mah takutan.. tar temenin yah klo mau nonton hahaha

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Dewi Nuryanti ::
yuk! nonton bareng ya kita kak ^__^

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Mira Utami ::
ahahahah.. masa sih kak miramiut takutan orgnya? ah palingan modus aja biar bisa peluk peluk aku :P yuk lah nonton bareng kitaaa. kangen euy :*

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Udah lama ga ikutin karir Shareefa Daanish. jadi pengen nonton film ini nanati

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Nurul Dwi Larasati ::
ahey, ibu hamil mo nonton horor juga :D aku pun penasaran banget liat adu akting Daanish-Prisia. kayaknya ciamiks (y)

Yuni Roseliani mengatakan...

Tatuuuuuuut liat trailerna dah mereeem,lambaikan tangan saiyah..kecuali nontonnya ditemenin orang sekampung,baru berani dweh hahaha

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Yuni Roseliani ::
hwakakakakk ih seru tauu nonton horor :D kapan2 mau culik bun yun nonton film serem ah. hihihi

Belinda Kusumo mengatakan...

Nonton film horor itu buat saya sperti makan permen nano2. Takut tapi penasaran hehehe. Tapi hbs nonton biasanya lbh takut drpd nonton versi barat. Dapat efek sampingnya. Hahaha

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!