Senin, 12 September 2016

Cewek Hobi Dandan itu Boros; Siapa Bilang?

Yang namanya hobi, biasanya memang membuat orang rela merogoh kantong lebih dalam. Buat yang hobi traveling, misalnya, bersedia menabung dalam jangka waktu tertentu demi jalan-jalan ke venue impian. Setali tiga uang dengan orang yang hobi dandan seperti saya. Selalu saja ada produk makeup atau perlengkapan rias yang diincar—bahkan terasa sebagai kebutuhan, bukan sekadar keinginan.
Benefit High Beam


No wonder, banyak orang yang memberi cap “boros” buat cewek yang hobi dandan. Karena kelihatannya uang banyak terkuras untuk membeli makeup dan kawan-kawannya. Hmm... padahal nggak juga lho! Asal tau caranya, cewek yang hobi dandan juga bisa berhemat. Wanna know how? Ini tips dari saya:



  1. Naksir? Cari info dulu sebanyak-banyaknya. Mirip kayak ngejar gebetan #eh, saat hunting makeup juga kita perlu cari info dan review sebanyak-banyaknya tentang inceran kita tsb. Biasanya dari proses cari info ini kita bisa berubah pikiran (gak pengen lagi) atau makin naksir. Kalau masih naksir, kita bisa lanjut proses berikutnya. Contohnya nih, saya lagi nyari highlighter dan naksir sama Benefit High Beam; maka saya bakal cari review produk tsb dari para beauty blogger, majalah, ataupun website-website terpercaya. Saya juga sambil liat-liat produk highlighter brand lainnya sebagai pembanding.
    Colourpop Super Shock Cheek Highlighter
    Too Cool For School Art Class by Rodin
    Whatts Up! Highlighter Default

  2. Cek harga ‘toko sebelah’. Bukan rahasia lagi, cewek umumnya rela keluar masuk toko mencari 1 barang demi nemu harga yang paling oke. Hihihi. Pertanyaannya: gimana klo online shopping? Haruskah kita juga cek harga toko sebelah? Jawabannya: HARUS. Untuk urusan yang ini, saya sih kebantu banget banget sama Priceza. Soalnya di Priceza saya tinggal search produk inceran, langsung deh terpampang nyata harga produk dari beberapa online shop sekaligus. Dengan begitu, saya bisa langsung nemu harga yang paling hemat dan bersahabat. Cihuy dah! 
  3. Sample size atau Share-in-jar. Cara smart shopping lainnya yang mau saya sarankan buat para pencinta makeup adalah mencari produk dalam kemasan kecil; bisa berupa sample (umumnya bentuk sachet), mini size, ataupun share-in-jar alias produk yang sudah dibagi. Soalnya, cewek yang hobi dandan biasanya seneng menjajal produk terbaru—meskipun yang lama belum habis terpakai. Selain itu, makeup juga punya masa kadaluarsa. Makanya lebih baik beli kemasan kecil saja daripada banyak sisa lalu terbuang. 
  4. Jual beli preloved (PL) . Buat pencinta makeup, kemungkinan besar pernah merasakan nyesek-nya beli produk yang nggak sesuai ekspektasi misalnya nggak cocok sama kondisi kulit, atau ternyata mirip banget sama yang sudah kita punya sebelumnya. Jangan sedih... kita bisa kok jual lagi produk yang sudah terpakai. Preloved (PL) makeup bisa kita ‘lego’ dengan harga yang disesuaikan pada kondisi produk. Misalnya, bedak yang baru 1-2x kita pulaskan ke wajah (kita sebut bedak PL 98%) dapat kita jual dengan harga yang lebih tinggi ketimbang bedak yang sudah sering kita gunakan tapi ingin kita jual karena bosan (misalnya PL 50%). Walaupun harganya tidak sama seperti baru, tetap lebih menguntungkan daripada terbuang kan? ;) Sebaliknya, kita juga bisa mendapat produk inceran dengan harga miring bila membeli preloved.
See? Ada banyak cara berhemat kok buat cewek yang hobi dandan. Segitu dulu yang saya share yah, kapan-kapan kita lanjutin lagi. Ciao!



12 komentar:

Rani Nurbaiti mengatakan...

Kalo aku sukanya nyari dupes produknya hihi, terus nyari dupesnya tetep ngebandingin harga toko #gamaurugi hehew

https://chamtea.blogspot.co.id

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Rani Nurbaiti ::
SAMAAAAA *tos!* aku juga suka cari dupes, terutama buat warna lipstik inceran ;) thanks for dropping by!

Annisa P mengatakan...

Setujuuu! Cari dupesnya.
Aku jg kalo nyari makeup psti nyari yg harga & ongkir termurah #pelit

sugarsweetcookies.blogspot.com

hijab modern cantik mengatakan...

emang banyak banget alat make up cewek, engga bisa di hitung lah, hehehe

Bethari Kusmawardhani mengatakan...

setuju!!
kalo naksir produk yang agak mahal pasti nyari dupenya kwkwkw
kalo bisa dapet harga yang murah dengan kualitas yang sama kenapa harus beli yang mahal huahahahah

talkingwithbeki.blogspot.com

Isthi ud mengatakan...

aku kalau emang sengaja beli pasti liat-liat kesemua toko, beda 2 ribu pun aku datengin tokonya wkwk suka kebangetan emang xD

https://isthiud.blogspot.co.id/

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Annisa P ::
horeee dapet temen yg sama pelitnya #ehh :P gak pelit itu mah, smart shopper! hihihi

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: hijab modern cantik ::
iya banget. rame pernak-pernik lenongannya cewek mah.. hehehe

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Bethari Kusmawardhani ::
nah, betul tuh! ;) makasih udh mampir ke sini yak

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Isthi ud ::
biasa itu maahhh.. cewek banget, 2 ribu aja perhitungan. jiakakakak :)))

Amanda Ratih mengatakan...

Untungnya saya nggak suka dandan mba, biar dipaksa juga beneran nggak suka, gimana dong hahah

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Amanda Ratih ::
rugi loh klo gak suka dandan, mbak! hehehe. becandaaa. hobi orang kan emang beda2 yah. misalnya saya, gak hobi masak sama sekali, tapi saya salut dan seneng sih liat perempuan2 yg hobi masak :) so yeah, do whatever makes us happy aja lah yaaaa

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!