Kamis, 18 Februari 2016

5 Fakta Giring "Nidji" yang Kamu Belum Tau

Masih inget sama Giring, kan? itu lohhh vokalisnya band Nidji, dengan ciri khas rambut kribo dan gaya 'pasang lampu' saat bernyanyi.

Siang ini [Kamis, 18 Februari 2016] saya berkesempatan ngobrol-ngobrol ikrib sama Giring di markas KOPI, gedung Sarinah lantai 12. Dari obrolan kami selama sekitar 1 jam, ada banyak banget cerita dari Giring yang seru, mengagetkan, dan juga mengharukan. Sebagai summary buat kamu-kamu sekalian, saya pilihkan 5 fakta soal Giring yang (mungkin) kamu belum tau:

1.  Penampilan Baru
 Perubahan penampilan Giring yang cukup mencolok adalah fakta pertama yang mau saya ungkap di sini. Gimana nggak mencolok, Giring yang identik dengan rambut kribo kini tampil dengan rambut cepak dan blonde. Apa yang melatarbelakangi perubahan rambutnya ini ya?

Dok. KOPI


"Saya potong rambut untuk film Jilbab Traveller," ungkap Giring. Buat yg belum tau, Jilbab Traveller adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Asma Nadia. Film yang syutingnya di Korea serta dibintangi oleh Morgan Oey dan BCL ini akan rilis di bioskop tak lama lagi. Jadi, kalau kamu penasaran seperti apa akting dan peran Giring di film tersebut, pastikan tidak melewatkannya, ya!
Trus... kenapa harus pirang? Jawaban Giring--seperti yang nampak pada screenshot percakapan WhatsApp saya dengannya--simpel aja: bosan. "Puber ke-10," selorohnya. 

2. Persiapan Album ke-5 Nidji
Waktu saya nulis status Facebook seputar rencana ngobrol bareng Giring, ada beberapa temen yang titip pertanyaan soal kapan Nidji bikin lagu hits lagi. Yup, Nidji memang terasa 'menghilang' beberapa tahun belakangan ini. Benarkah demikian? Nggak juga kok. Ternyata, Nidji masih produktif meskipun jarang tampil di tivi. "Nidji masih sering manggung off air, diundang ke event-event perusahaan, bahkan saat ini ada 2-3 soundtrack yang antri," jelas Giring. 

Bicara soal soundtrack, memang Nidji bisa dibilang sebagai band yang sangat produktif mengisi theme song dalam film Indonesia. Sebut saja beberapa di antaranya yakni Laskar Pelangi, 5cm, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, serta Supernova. Bahkan salah satu lagu Nidji pun pernah menjadi background song di serial internasional, Heroes

"Bikin theme song itu sangat menyenangkan buat Nidji. Proses kreatifnya seru. Bisa dari baca novel atau naskah filmnya, nonton adegan tertentu dari film tersebut, maupun melalui observasi serta pengalaman teman-teman yang sesuai dengan film. Buat film 5cm misalnya, kita nanya sama temen yang suka naik gunung," papar Giring. Diakui olehnya, proses pembuatan album ke-5 saat ini--dengan lagu yang bukan soundtrack--jadi terasa lebih menantang bagi Nidji, "karena nggak ada guide seperti saat bikin theme song," ungkapnya. 
Well, semoga proses pembuatan album baru Nidji berjalan lancar dan lagu-lagu heitss segera muncul yaaa ^__^

3. Kincir(dot)com 
Udah pernah denger soal Kincir.com belum ceu? "Awalnya saat diluncurkan tahun 2013 lalu, Kincir dot com itu dimaksudkan sebagai online fans club, semacam media sosial yang menghubungkan langsung antara idola dengan fans-nya," ujar Giring. Namun karena member yang join Kincir dot com mayoritas adalah abege (usia 10-25 tahun), kontennya jadi agak terbatas. Oleh sebab itu Giring dkk di balik Kincir terpikir untuk mengembangkan fiturnya. Saat ini, Kincir dot com terdiri dari 3 bagian: Community, Content, dan Commerce. "Community adalah online fans club seperti yang dirancang di awal, sedangkan Content kami isi dengan artikel-artikel ringan yang targetnya anak muda," terang Giring. Artikel-artikel konten Kincir dot com bisa kamu akses versi Beta-nya dengan alamat Viral.Kincir.com ; sedangkan untuk Commerce masih dalam proses, di mana rencananya akan menjadi semacam (online) store

4. Ayah yang Tegas dan Penyayang
Beralih dari soal karier ke kehidupan pribadi, Giring merupakan seorang ayah dari 3 orang anak: Zidan (9 thn), Aisyah (5 thn), dan Jasmina (1,5 thn). "Sosok yang paling ditakuti anak-anak di rumah ya ayahnya," aku Giring saat mengungkapkan sifatnya yang tegas dalam menegakkan disiplin di tengah keluarga. Meski begitu, dari berbagai cerita Giring, saya dapat menangkap bahwa dirinya merupakan sosok ayah yang penyayang dan sangat dekat dengan ketiga anaknya. Termasuk dengan Zidan, anak 'bawaan' sang istri yang notabene bukan darah daging Giring. 

"Saya udah ngomong langsung ke Zidan soal kondisinya. Usia 8 tahun adalah usia yang tepat menurut saya untuk menjelaskan hal tersebut, karena dia sudah mulai bertanya-tanya, tapi nggak ada keinginan memberontak," kata Giring. Diceritakannya, sekitar tahun lalu Giring sendiri yang menjelaskan pada Zidan bahwa dulu mamanya, Cynthia, pernah menikah lalu berpisah dari papa. "Setelah itu, ayah kenal sama mama dan langsung jatuh cinta. Ayah jatuh cinta sama kamu, Zidan!" 
*awww meleleh nggak sih denger ceritanya, so sweet yaaaa* 

Sejak saat itu, Zidan pun semakin dekat dan senang ber-manja-ria dengan Giring. Kejelasan identitas dirinya membuat Zidan tak lagi meragukan diri maupun kasih sayang dari orangtuanya. Tak hanya dengan Zidan, bonding Giring dengan kedua putrinya pun sangat erat. Dengan Aisyah, Giring merasakan euforia menjadi seorang ayah seutuhnya untuk pertama kalinya, saat mendampingi dan menyaksikan sang istri melahirkan. Sedangkan Jasmina yang sedang belajar bicara, "ayah" selalu dipanggil oleh bibir kecilnya.   

Tentunya bukan hanya anak-anak yang sangat dikasihi oleh Giring, sang istri yang dinikahinya sejak tahun 2010 lalu juga amat disanjungnya. "Banyak yang berkomentar miring, bahkan memberitakan yang jelek-jelek ketika tahu saya pacaran dengan janda," kenangnya. No wonder sih ya, label janda selama ini kan memang punya stigma negatif di mata masyarakat. Sehingga banyak orang termasuk saya mungkin berpikir kenapa Giring sampai bisa kepincut janda, kayak nggak ada perawan cantik yang available di luar sana. Siap-siap malu deh kalau punya pemikiran seperti ini, karena nyatanya janda yang satu ini adalah wanita yang sangat baik. "Sampai detik ini bahkan saya nggak pernah denger dia (Cynthia) bicara tentang keburukan orang lain. Orangnya baik banget deh pokoknya!" pungkas Giring dengan lugas.

5. Lebih Suka Selfie dengan Fans
Fakta terakhir yang saya ungkap di posting ini soal Giring adalah ternyata dirinya lebih suka diajak selfie sama fans, karena lebih praktis dan cepat prosesnya, plusss bisa liat tampang sendiri saat difoto. Aih, nggak nyangka ya seorang Giring bisa insecure juga takut keliatan jelek di fotonya.. hahahaha. Jadi kalo kamu ketemu Giring di suatu tempat, gak usah ragu dan malu ngajak doi selfie ya, pasti disanggupi dengan senang hati kok ;)
Daaann, sebagai bukti pelengkap dari fakta yang terakhir ini, silakan menikmati foto selfie Giring bareng saya dan temen2 KOPI yang berikut iniiii

taken by Giring with his phone

di lift pun sempetin foto-foto
Dok. Aida, KOPI

*uhuk* no-caption-needed lah kayaknya ya. hehehe.

Thanks for reading. See you next time, fellas!




4 komentar:

Inda Chakim mengatakan...

kelihatan bgd memang mak, bonding zidan sm giring kuat bgd,

Sonya Tampubolon mengatakan...

@inda chakim: iya ya mak, seneng denger ceritanya :)

organisasi mengatakan...

Giring emang penyayang banget si, sosok suami dan ayah yang baik pun menyenangkan

Salam,
Asya

rachman zapplerepair mengatakan...

"Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!