Kamis, 15 Maret 2018

KAGET! waktu dapat telepon dari kantor BPK

:: Designed by balasoiu (Freepik). Edited by Sonya ::

Aseli, kaget banget ketika suatu hari saya dapat telepon dari kantor BPK alias Badan Pemeriksa Keuangan.

Begini runut ceritanya kenapa saya sampe segitu kagetnya:
Pertama, saya memang mengikuti Lomba Nulis Blog BPK Kawal Harta Negara beberapa waktu lalu, tapi sejujurnya nggak berani berharap menang *terlalu berat, ngalahin beratnya kangen Dilan ke Milea #ehhh* [ Baca postingan saya yang dilombakan di sini ]

Kedua, ada ajakan dari komunitas Blogger Jakarta (BlogJak) utk meliput acara Kumpul Blogger dan Penganugerahan  Pemenang Lomba BPK Kawal Harta Negara. again, saya tertarik ikutan bukan karena merasa bisa jadi pemenang di lomba tsb, melainkan pengen kumpul blogger dan tertarik sama tema talkshow yang jadi salah satu agenda acara itu.

Ketiga, saya lalu mendapat email dari panitia Lomba Nulis BPK untuk menghadiri acara sesuai info BlogJak. saya pikir semua peserta lomba nulis mendapatkan email tersebut--tapi ternyata tidak. Jadi gosip yang berhembus adalah yang dapat email kemungkinan masuk nominasi pemenang.

Nah, GONG-nya itu waktu nerima telepon dari kantor BPK untuk mengonfirmasi kehadiran saya pada acara yang digelar Kamis, 15 Maret 2018 di Auditorium BPK tersebut. WOW. berasa penting banget saya ini, sampe perlu dikonfirmasi bakal hadir ke acara pengumuman pemenang lomba blog BPK. Jadi akhirnya kepikiran juga,


"apa mungkin saya jadi salah satu pemenang Lomba Nulis Blog BPK Kawal Harta Negara?"
:: Designed by Tim Lomba Nulis Blog BPK Kawal Harta Negara ::
aku suka desainnya clean, minimalis ~ jarang nemu materi desain yang begini dari kantor pemerintahan. hehe.

Mengesampingkan soal menang dan kalah yang saya anggap biasa di setiap kompetisi, saya tetap tertarik untuk datang ke acara yang digelar oleh BPK RI ini. Bisa dibaca dari agenda acara di atas, event ini cukup padat dan bermanfaat. Saya sengaja datang tepat waktu sebelum jam 11, supaya bisa leluasa untuk registrasi dan tidak ketinggalan satu pun dari rangkaian acara. 

Rangkaian cara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa, disusul dengan laporan kegiatan oleh Sekretaris Jendral BPK RI, Hendar Ristriawan. "BPK berkomitmen untuk menggandeng blogger dalam mengawal harta negara," ujar Hendar. Setelah itu, Ketua BPK RI yakni Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, S.E, Ak. M.M, C.P.A memberikan kata sambutan. Acara kemudian dilanjutkan dengan seremonial berupa pemukulan gong.

Aaannnd finally, tibalah waktunya pengumunan pemenang lomba blog yang sudah sangat ditunggu-tunggu. Ini dia hasilnya:
Juara 1
Alexander Arie Sanata Dharma

Juara 2
Yesi Hendriani Supartoyo

Juara 3
Lalu Alfian Rifa'i

Juara Favorit 1
Lalu Alfian Rifa'i

Juara Favorit 2
Bayu Satria Utama

Juara Favorit 3
Saiful Rijal Yunus

Selamat kepada semua pemenang!!!
Eits, jangan heran melihat ada 1 nama yang sama muncul sebagai pemenang di 2 kategori. Saya nggak salah nulis kok ^__^ Memang benar, ada satu orang peserta yang kedua postingan blognya berhasil merebut perhatian juri. No wonder sih, soalnya dia melengkapi postingan blog miliknya dengan komik buatan sendiri ~ how awesome! Hasil karya blog para pemenang lain juga tak kalah keren pastinya.. pokoknya mereka semua memang layak menang. Salut banget. 

Foto para pemenang bersama Ketua BPK, Sekjen BPK, dan dewan juri
:: Dok. Pribadi ::


FYI, ada total 300 tulisan loh yang terkumpul sebagai peserta Lomba Nulis Blog BPK Kawal Harta Negara ini. luar biasa yah antusiasme para blogger.. dan menurut penuturan dewan juri, banyak sekali postingan blog yang berkualitas, 'niat' alias nggak asal copy paste, serta dilengkapi dengan infografis ataupun materi pelengkap lainnya yang kreatif. "Juri membaca dan memperhatikan dengan sangat teliti setiap postingan, sama halnya saat sedang memeriksa laporan keuangan. Karena kami sangat menghargai kerja keras dan kreativitas para blogger yang sudah dituangkan," ungkap salah satu dewan juri. 

Setelah deg'deg-annya lewat, para blogger dan peserta acara dapat menikmati santap siang yang telah tersedia. Kita semua "isi bensin" nih untuk mempersiapkan diri menuju agenda acara berikutnya yaitu Talkshow Blogger. Tema yang disajikan dalam talkshow kali ini bener-bener cocok dan sesuai kebutuhan blogger masa kini yang biasanya merangkap sebagai influencer. Para pembicaranya pun kece-kece, expert di bidang masing-masing.



Dan inilah beberapa inti sari yang bisa saya rangkum dari talkshow tersebut:

1. Blog adalah ide atau gagasan yang dituangkan menjadi tulisan opini. mas Farchan bilang, ide itu mahal; maka sebaiknya harus original--karena pasti akan cepat ketahuan bila kita hanya mencontek ide orang lain.

2. Begitu ada ide, langsung tuliskan semuanya. Setelah selesai ditulis, baru masuk proses editing. Bisa kita (penulis) sendiri yang edit atau minta bantuan orang lain yang lebih ahli. Yang penting, menurut mas Farchan, editing sebaiknya setelah seluruh artikel kelar. Jangan nulis sedikit langsung diedit karena nanti mood menulisnya keburu ilang atau down.

3. Menurut mbak Ollie langkah awal dalam membangun personal branding adalah dengan mengenali diri kita sendiri terlebih dahulu: apa kekuatan kita, passion, mimpi, serta values atau nilai-nilai yang kita anggap penting dalam hidup. "Sebelum kita branding diri kita di depan orang lain, kita harus percaya pada personal branding tersebut. Kalau kita sudah percaya, pasti orang lain pun akan percaya apapun yang kita katakan tentang diri kita," ujarnya.


4. Jangan ragu untuk 'menjual diri' dan mempromosikan blog maupun media sosial kita. mas Dimas juga mengajarkan pentingnya bagi blogger utk memiliki Media Kit yang berisi profil beserta rate card kita. 

Sebenarnya masih banyak lagi ilmu dan sharing dari para pembicara tersebut, tapi sepertinya nggak mungkin saya uraikan semua di postingan ini. Overall, acara Kumpul Blogger BPK kali ini sungguh berfaedah dan menarik. Semoga langkah positif BPK RI untuk menggandeng blogger dapat pula diikuti oleh lembaga pemerintahan lainnya.

Untuk mengakhiri postingan kali ini, selamat menikmati wajah-wajah Blogger Jakarta squad plus plus (karena banyak temen blogger lain yang ikutan juga.. hihi) ~ and see you next time. Ciao!


*****



14 komentar:

marveypanggabean mengatakan...

Keren banget deh

ACDC Kaia mengatakan...

Iya kak sonya..acara kemaren keren banget aku aja sampe bela2in walo abis dinas mlm dan blm smpt tidur ��

Tigor Agustinus Simanjuntak mengatakan...

Jadi nggak masuk nominasi 20 besar nih to? Ternyata masih juga deg-degan ya jika ikut lomba dimana ada undangan pengumumannya...

joko mengatakan...

Ngeri Kaka hits yg satu ini bs dpt lelepon dr BPK

Andini Ria Agusti Harsono mengatakan...

Aku masih siap tepuk tangan lho Kak hahaha yuks lah kita ngopi bareng utk bikin media kit :D

Ferry Aldina mengatakan...

Keren dpet email saya mah enggak. Haha semoga beruntung di lomba yg lain mbak.

Natara mengatakan...

lombanya lumayan 'berat' ya mbak... hehehe... kece lah bisa masuk nominasi(?)

Hanni Handayani mengatakan...

keren ya bisa menang di 2 kategori, padahal menurut saya topiknya agak berat ya

hida mengatakan...

Waahh...ada yang menang 2 kategori sekaligus ya..keren euuy, tema berat nih.

Novitania mengatakan...

Kak sonya kece nih. Sampe dapet telpon dr BPK

Kemaren aku smpet mau ikutan, tapi belom ngedraft aja udh hopeless ��

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Aih....keren loh sampe di tlp
Lah saya ga dapat kabar, keren ya program2 BPK.
Semoga tahun depan saya di tlp juga

Annafi mengatakan...

Aku juga dapet email mba, tapi masih belum hoki hehehe

Monica Anggen mengatakan...

Jangan ragu "jual diri" dan mempromosikan blog dan media sosial kita. Pesannya Mas Dimas ini jadi pikiran nih, soalnya masih suka ragu jualan dan promosi blog. Secara masih baru akunya di dunia ini.

Didy mengatakan...

Keren banget Mbak bisa masuk nominasi, Saya gk ikutan lomba Ini ..

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!