Senin, 24 Juli 2017

Melirik Batik Modern nan Unik dan Cantik

:: Foto:Batik Keris ::

"Batik itu artinya banyak titik, dek," ujar putri sulung saya, Shalom, kepada Glow adiknya pada suatu hari. Mendengar hal itu saya menoleh dan bertanya, "emangnya gitu kak? Kakak Shalom tau dari mana?" Ternyata, guru menggambar Shalom di TK yang mengajarkan demikian.

Meski definisinya tidak persis seperti itu, namun Wikipedia mencatat bahwa secara etimologi kata Batik berasal dari Bahasa Jawa, yaitu "tik" yang artinya titik, lalu berkembang menjadi matik/mbatik/batik (kata kerja) yang diartikan sebagai membuat titik.

Batik mulai dikenal di Indonesia pada abad ke-17 yakni zaman kerajaan Majapahit. Awalnya, batik hanya dikenakan oleh kalangan kerajaan atau keraton. Seiring perkembangan zaman, batik bergeser dari pakaian antik menjadi outfit modern yang wajib ada di lemari. Batik modern masa kini cocok dikenakan untuk berbagai kesempatan; mulai dari bekerja, hangout bersama teman, sampai ke acara formal. Ragam batik modern sangat variatif--dari motif dan daerah asalnya, bahan, desain, cara pembuatan, dan masih banyak lagi.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khas masing-masing lho! Beberapa di antaranya:

1. Batik Cirebon
Dikenal juga sebagai motif batik Mega Mendung; menyerupai bentuk awan, ornamen keraton, serta motif flora dan fauna.

2. Batik Pekalongan
Mayoritas bermotif floral aneka warna.

:: Foto: Disbudparpora Cirebon, Wisata-Yogyakarta, Pinterest, Istimewa ::

3. Batik Jogja dan Solo
Ciri khasnya adalah bentuk geometris yang berulang.

4. Batik Indramayu
Bermotif binatang laut seperti ikan atau udang.

* * * * *

Berdasarkan cara pembuatannya, batik terdiri dari Batik Tulis (digambar manual menggunakan canting, yakni sejenis pena khusus dari tembaga), Batik Cap (menggunakan lempengan tembaga), dan Batik Print. Sebagian besar batik modern yang kita kenal saat ini dibuat dengan cara printing melalui mesin khusus.

Pilihan cara belanja batik pun kini sudah makin modern. Batik tak hanya tersedia di pertokoan konvensional, kita bisa berbelanja secara online. Salah satunya ialah melalui situs Batik Keris Online yakni → http://batikkerisonline.co.id/ 

Siapa sih yang nggak kenal Batik Keris? Perusahaan batik legendaris yang sudah eksis sejak tahun 1946 ini kualitasnya tentu tak diragukan lagi. Meski sudah lama sekali berdiri, Batik Keris tetap up-to-date, baik dari sisi produknya yakni batik modern; hingga cara pemasarannya yang kini bisa menyediakan layanan belanja daring. Batik Keris Online menjual berbagai koleksi produk batik modern dengan kualitas terbaik, juga beragam kerajinan dan oleh-oleh khas Indonesia.

Yuk belanja batik!

19 komentar:

Ria Bilqis mengatakan...

Saya suka batik, apalagi batik modern dengan beragam motif dan corak.Semakin halus dan bagus motif batik, semakin mahal harganya.

Shine Fikri mengatakan...

batik sekarang beragam ya mba corak dan modelnya. jd udah ga jamannya lagi dianggap kuno ketika memakai bafikk

Shine Fikri mengatakan...

batik sekarang beragam ya mba corak dan modelnya. jd udah ga jamannya lagi dianggap kuno ketika memakai bafikk

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Ibu saya pecinta Batik, lihat model2 keren sekarang ini jadi sibuk bolak balik ke tukang jahit minta buat pakaian dari koleksi Batik yg ada di rumah ♡_♡

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Ria Bilqis ::
Iyaaaa, aku juga suka banget batik mbak :) makasih atas kunjungannya ya

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Shine Fikri ::
yes! modelnya juga makin kekinian. keren-keren banget deh batik masa kini

Hello Fika mengatakan...

Ayuuk belanja batik, kalau beli tunik yang udah jadi, sering tidak muat hahaah.. Akh kalau batik ambil amannya aja.. Beli bahan lalu jahit sendiri.. Mau intip ah koleksinya batik keris online siapa tahu ada yg menarik di hati

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Anisa Deasty Malela ::
salam yaaa buat ibunya, mbak :) makasih udh mampir ke sini

Yuni Roseliani mengatakan...

Aiiiiiih Batik indonesia bagus-bagus ya,akuh lagi coba buat gamis nya hihihi..Nice Artikel banged sist sonya 😍

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Hello Fika ::
selamat liat2, semoga ada yg nyangkut di hati dan nyaman di kantong yessss ;)

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Yuni Roseliani ::
aww, thank you bun-yun kesayangaaann. ih pengen liat kamoh pake gamis batik, pasti tambah cantik.

lianny hendrawati mengatakan...

Model dan warna batik sekarang makin bervariasi. Bagus-bagus semua. Ngintip ah ke batik keris online.

Endah marina mengatakan...

Aku termasuk pecinta batik, suka ajaa sama motif-motif cantikkk batik. Apalagi batik couple yaa kk, cakepp banget deh ya. Jenis batik ternyata banyak yaa ka...

Sie-thi Nurjanah mengatakan...

Ya...ampuuun
Saya terpesona bgt sama kecantikan budaya Indonesia. Motif2 batiknya juga mengagumkan

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Lianny Hendrawati ::
ngintipnya sambil kekep dompet ya mbak, awas kalap. hihihi...

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Endah Marina ::
iyaaa batik banyak banget macamnya, makanya nggak pernah bosen liat dan pake batik. apalagi batik modern yg modelnya kekinian. kece2 bgt!

Vindy Putri mengatakan...

Aku selalu suka batik. Dia selain bisa dipakai acara formal, bisa juga dipakai semi formal bahkan acara santai. Eh, acara goler-goler di kasur juga bisa... batik daster hehee...

uwan urwan mengatakan...

aku pernah bikin batik seukuran empat kali ukuran sapu tangan kak dan susah bangett...banyakblobornya..buat lomba sih.. bisa sih tp g rapi hasilnya. ahahah.. dah lama banget, pas abis lulus kuliah...


skr koleksi batik di rumah jarang kepake karena gada acara lagi.. sering ngegembel. ahahah. jd kangen pake batik

Armita Fibri mengatakan...

Batik zaman sekarang keren-keren ya Mbak... apalagi Batik Keris. Udah terjamin kualitasnya.

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!