Kamis, 15 Desember 2016

The Professionals: Sahabat adalah Musuh Terberat

Drama, reliji, komedi, horor, serta action (fighting) adalah genre film Indonesia yang banyak menghiasi layar lebar belakangan ini. Meski ceritanya berbeda-beda, jujur saya mulai jenuh dan mengharapkan sesuatu yang berbeda dan konten yang lebih kreatif. Saat itulah saya membaca dari situs Ulasan Film 21 mengenai film berjudul The Professionals. Premisnya menarik, dan digadang-gadang sebagai film action heist (alias perampokan terencana) pertama di Indonesia--bikin saya makin penasaran.

Kebetulan saat itu ada kuis yang berhadiah nobar The Professionals yang digelar di akun Twitter @UlasanFilm21. Singkat cerita, saya coba ikutan kuis tersebut dan berhasil dipilih sebagai salah satu pemenang. Yeay! Kesampean deh nonton film yang bikin saya penasaran tersebut, sekalian ikut Press Conference yang dihadiri sang sutradara dan para pemainnya. 
And the best part is... saya bener-bener terhibur dengan film The Professionals ini ^__^ apa saja yg jadi nilai plus film ini? silakan baca sinopsis dan review lengkapnya yaaaa 

Sinopsis
Hidup Abi (Fachri Albar) berantakan akibat pengkhianatan yang dilakukan oleh partner bisnis sekaligus sahabatnya, Reza (Arifin Putra). “Dulu kita mulai dengan 2 lantai, sekarang kita punya 1 gedung! Yang terjadi di masa lalu lupakan saja, memang harus ada yang dikorbankan, that’s you!” ujar Reza santai sekeluarnya Abi dari penjara. Memang benar, perusahaan Trimitra yang mereka dirikan bersama Nicole (Imelda Therrine) semakin berkembang. Namun Abi telanjur sakit hati, apalagi kerugian yang dialami Abi bukan cuma sebatas bisnis atau materi–tapi juga memecah belah keluarganya serta merusak persahabatan.
Akhirnya, Abi merekrut beberapa orang yang pernah menjadi ‘korban’ Reza. Ada Cokro (Lukman Sardi) yang merupakan ahli mekanika analog, Ferry (Cornelio Sunny) sang ahli digital, serta Joe (Richard Kyle) dan Sophie (Melayu Nicole) dengan keahlian aksi yang tak bisa diremehkan. Dengan strategi cerdas Abi, para profesional ini mulai melancarkan aksi balas dendam. It’s payback time!
Press Conference The Professionals
"Film action bukan cuma fighting,” ujar Affandi Abdul Rahman di sela-sela Press Conference film The Professionals, Jumat 9 Desember 2016 di XXI Plaza Senayan, Jakarta. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menggerakkan sang sutradara membuat film bergenre action heist atau perampokan terencana pertama di Indonesia. Dalam film The Professionals, penonton tak hanya disuguhkan dengan adegan adu jotos atau  adu senjata; tapi juga strategi perencanaan, intrik, konspirasi ‘siapa kawan-siapa lawan’, teamwork, sampai nilai persahabatan. “Because the worst enemy you can have is your own best friend,” pungkas Affandi.
:: Dok. Gatra ::
Dari Kacamata Saya
Meski sejak awal sudah tertarik dengan premis atau jalan cerita film The Professionals, jujur saya nggak ingin punya ekspektasi terlalu tinggi. Terselip ragu dan sedikit khawatir dengan eksekusi film action heist ala Indonesia *takutnya cupu gitu deh* :p Nyatanya, sutradara Affandi Abdul Rahman menurut saya cukup sukses menghasilkan film laga yang seru dan sangat enjoyable.
Memang sih, beberapa adegan di film ini nampak tidak orijinal, dan mengingatkan kita pada sejumlah film Hollywood seperti The Italian Job, Mission Impossible, Ocean’s Eleven, Kingsman, atopun Fast and Furious. Tapi nggak berarti plagiarisme loh! Mungkin karena belum ada film action heist lokal lain yang bisa dijadikan referensi maupun pembanding, sehingga film-film Hollywood yang terasa sebagai inspirasinya. Apalagi penggunaan bahasa Inggris (casual daily conversation) juga cukup banyak dalam film ini.  Meski begitu, sutradara juga memasukkan beberapa nilai lokal yang terasa dekat dengan penonton--mulai dari mi instan sampai kecoa terbang! Hahaha. *ups, semoga ini gak termasuk spoiler lah ya*
Foto bareng sang Sutradara, Affandi Abdul Rahman
Ya, meski bergenre action, The Professionals juga memasukkan unsur komedi serta drama dalam porsi yang pas. Film ini cukup bikin kita 'mikir' dari intrik dan plot twist yang ditampilkan, terbawa dalam emosi dari karakter sesuai jalan ceritanya, sekaligus terhibur dengan kekonyolan tokoh serta situasi yang terjadi. Secara sinematografi dan efek-efek yang digunakan pun terbilang cukup smooth.   
Keunggulan lainnya dari film ini menurut saya terletak pada jajaran pemain yang ‘masuk’ ke karakter tokoh masing-masing dengan sangat baik. Outstanding performance by Arifin Putra yang tampil meyakinkan sebagai eksekutif muda nan angkuh, egois, narsis, ambisius, dan belagu. Ganteng-ganteng ngeselin #ehhh. Begitu pula Lukman Sardi dengan karakter berwibawa, kebapakan, dengan kecenderungan OCD yang bikin gemes. Hihihi. 
Yang jadi favorit saya di atas mereka semua adl Cornelio Sunny yang berperan sebagai Ferry si ahli IT slash hacker iseng slash bocah jorok berantakan. Ahahahah. Ini karakter yang sangat real sih menurut saya, aktornya pun seolah gak sedang akting, natural bener :D Selain akting para pemain yang cukup oke, jujur penampilan fisik mereka juga mendukung sih. Nggak ada yang jelek tampangnya *,* sungguh memanjakan mata penonton deh liat Richard Kyle, Melayu Nicole, Fachri Albar, serta Imelda Therrine. 
Mengakhiri review ini, saya bilang The Professionals merupakan tontonan wajib di akhir tahun ini! Jangan sampai kelewatan, The Professionals mulai tayang 22 Desember 2016 di bioskop seluruh Indonesia.  
= Saya kasih nilai 4 dari 5 untuk film ini =
   

3 komentar:

Dini mengatakan...

Wah, asyik banget baca tulisannya. Kayaknya film-nya bagus. Nggak ada film yang orijinal, bahkan film Holywood sekalipun. Pasti saling menginspirasi. Apalagi film Indonesia dengan tema sejenis The Professionals ini, pasti karena kebanyakan calon penonton skeptis duluan, hehe. Tapi perfilman kita makin ke sini berprogres banyak. Hehehe...

herva yulyanti mengatakan...

Penasaran pengen nonton jadinya mba tapi memang persis seperti dugaan mba suka ragu sama film Indonesia *astagfirullah ngeremehin karya sodara sebangsa* hehehe...

Clara Cutez mengatakan...

Seasonbet77
eBET
Bandar Sbobet
Agen Sportbook
Bandar Judi
Agen Sbobet
Agen Bola
Bandar Bola
AgenSeasonbet77
eBET

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!