Kamis, 30 Oktober 2014

Garis Garis Cinta

Apa itu Garis Garis Cinta? Yang pasti bukan sekuelnya film Ayat-ayat Cinta yah... Hehe. Garis Garis Cinta yang jadi judul tulisan ini sebenarnya saya terjemahkan dari "Stripes For Love".
Sudah pada tau kan dengan kampanye yang satu ini? Yang belum tau, pasti udah lama nggak ke McD deh!
  

ini Shalom pegang kepala bukan lagi pusing ya.
Emaknya yg jadi pengarah gaya ceritanya nyuruh si bocah
bikin love sign ala orang Korea gitu loh.. Hehehe.
Kalo saya--berhubung Shalom gabung McKids--emang rutin menyambangi McD seminggu 3 kali untuk nganter si anak 'sekolah' di McD. Dan sudah lebih dari sebulan ini saya melihat ada tulisan "Stripes For Love" terpampang di pintu masuk restoran cepat saji tersebut. Awalnya, saya kira Stripes For Love itu sejenis program promosi; pakai baju motif garis-garis ke McD dapat french fries gratis, misalnya?  Baru mulai 'ngeh' kalau Stripes For Love ini merupakan sebuah kampanye (bukan promo) ketika melihat sebuah kotak di depan meja kasir. "Oohh.. some kind of charity.." batin saya. Tapi saat itu nggak nanya lebih lanjut soal kampanye tersebut.

Baru setelah melihat banner Lomba Blog RMHC di laman Facebook Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN), saya mulai cari tau soal Ronald McDonald House Charities (RMHC) dan kampanye Stripes For Love.

Ronald McDonald House Charities (RMHC)
Sebenarnya beberapa tahun lalu, ketika saya masih bekerja di sebuah redaksi majalah, saya sudah pernah 'berkenalan' dengan RMHC. Yang masih saya ingat, RMHC merupakan organisasi non-profit yang bertujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak. Saya juga ingat waktu itu bertanya kenapa dinamakan Ronald McDonald House Charities, kenapa tidak menyebutkan kata 'children' atau 'kids' bila hal tersebut menjadi fokus utama aktivitas RMHC.

"Banyak anak-anak penderita kanker maupun jenis penyakit kronis lain harus menjalani perawatan di Rumah Sakit, opname berbulan-bulan lamanya. Bayangkan keluarga mereka harus menunggui dan menemani mereka sekian lama di RS. Belum lagi bagi pasien yang berasal dari luar daerah, keluarga pun ikut menginap sekian lama di RS," tutur Ibu Rini Wulandari, salah satu pengurus RMHC kala itu yang masih saya ingat sampai sekarang. "RMHC percaya bahwa keberadaan keluarga sangatlah penting bagi penyembuhan anak-anak tersebut, sehingga salah satu program utama dari RMHC secara global adalah menyediakan rumah singgah serta family room bagi keluarga pasien," jelasnya lagi.

Setelah saya baca lebih lanjut di situs RMCH Indonesia, selain Ronald McDonald House dan Ronald McDonald Family Room, ada pula program Ronald McDonald Care Mobile. Bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta serta suku dinas kesehatan Jawa Barat (Bandung dan Sukabumi), Ronald McDonald Care Mobile merupakan 'klinik berjalan' yang rutin memberikan imunisasi wajib dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi anak-anak yang membutuhkan.

Stripes For Love
"The hospital is treating my son's cancer, but the RMHC is treating his heart and soul" - Peter Marotta.
Kalimat ini saya temukan di akun Twitter official RMHC Indonesia. Bikin merinding.

:: pic source ::

Garis-garis ini merupakan simbol garis kehidupan pasien anak.
Cinta adalah bagian yang melengkapi diri mereka, sebagai amunisi semangat bagi anak-anak itu dalam menjalani pengobatan.
Karena pada saat kita memberi Cinta (Love), 
Kebahagiaan (Joy) hadir dalam hidup mereka. 
Harapan (Hope) akan tumbuh, 
dan Senyum (Smile) akan kembali menghiasi wajah mereka.

Tak ada alasan untuk tidak mendukung kampanye ini. Toh caranya pun sangat simpel, tinggal pilih (or better yet, lakukan semua) langkah berikut:
  1. Bantu sebar awareness tentang RMHC Indonesia dan (khususnya) kampanye Stripes For Love.
  2. Tinggalkan pesan penyemangat untuk pasien anak melalui www.stripesforlove.com
  3. Berikan donasi melalui kotak yang diletakkan di McDonald
  4. Membeli kaos Stripes For Love ataupun boneka Love Bear yang ada di McDonald. Hasil penjualan kedua merchandise ini 100% digunakan untuk membantu RMHC.


5 komentar:

Anonim mengatakan...

Luar biasa ya mak, RMHC memang punya kepedulian yg oke banget utk anak2 survivor kanker.
Aku juga ikutan nih mak--> http://bundasidqi.blogdetik.com/2014/10/17/show-our-love-for-kids-cancer-survivor/

Sonya Tampubolon mengatakan...

iya bunda sidqi @bukanbocahbiasa.. RMHC memang luar biasa :)

suria riza mengatakan...

semoga program imunisasi gratis ini berjalan lancar ya mak..miris banget...banyak yang belum diimunisasi dipelosok...padahal jaman sudah maju gini..yang artinya mereka terkena penyakit dari kecil besar :(

Maya Siswadi mengatakan...

Program ini apa masih ada yaa?

Nabil Fayadh mengatakan...

di mcdonald ada kaos lambang love joy hope smile gitu loh .. warna putih tulisannya merah ,,lucu banget :D

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!