Jumat, 30 Juni 2017

5 Situs Favorit Penyedia Foto Gratis



Holaaa... apa kabar semua? Sebelumnya, saya mau mengucapkan Selamat Idul Fitri bagi teman-teman yang merayakan, serta selamat liburan bagi yang masih libur. Kali ini saya mau sharing info yang buat saya pribadi sih berharga banget--yakni soal situs penyedia foto gratis berkualitas baik dan beresolusi tinggi (HD). Foto-foto ini bisa digunakan untuk keperluan komersil, bisnis, blog, ataupun media sosial.

Curhat dikit yaaa. Pertama kali saya kerja di redaksi majalah dulu, susahnya minta ampun untuk punya foto artikel. Soalnya, masih jarang banget (atau malah nggak ada ya?) situs yang nyediain foto gratisan, adanya cuma photostock berbayar semacam Getty Images gitu. Repotnya lagi, karena kita small company dan majalahnya gratis pula, jadi untuk beli foto pun terasa berat. Solusinya gimana? Kita harus bikin pemotretan sendiri, dengan konsep foto 'nyontek' dari majalah/situs luar negri. Pokoknya si bos mau kita punya stok foto-foto buat artikel dengan bermodalkan seorang in-house photographer doang. Cari model gratisan, lokasi foto gratisan (palingan barter sama hotel atau resto kalau ada yg bersedia), penulisnya harus bisa sekalian jadi stylist, daaannn klo hasilnya jelek ya siap2 kena 'semprot' aja. Huahaha.

Beberapa tahun kemudian, saya pindah kerja ke redaksi majalah yang udah 'mapan', perusahaan media besar yang sebagian majalahnya  franchise internasional. Soal nyari foto artikel pastinya udh jauh lebih gampang. Ada sistem "shared folder" di mana kita bisa saling pakai stok foto punya majalah-majalah lain. Klopun bikin pemotretan sendiri, semua dikerjakan secara profesional (model, wardrobe, makeup artist, stylist, lokasi, fotografer, dll). Tapi sebagian besar foto artikel masih beli di situs foto berbayar. Ada satu orang yang khusus bertugas soal pembelian foto, jadi dari redaksi harus request dengan mencantumkan kode foto dan keyword. Prosesnya emang gak lama, tapi klo deadline mepet dan pas orang yg ngurusin itu nggak masuk kantor atau udah pulang, ya ribet juga.

Makanyaaaa, sekarang tuh saya bersyukur banget udah banyak situs foto gratisan. Nah, dari sekian banyak situs penyedia foto gratisan, ada 5 yang jadi favorit saya. What and why? Keep reading ya!

FREEPIK

Ini dia situs foto yang paling sering saya buka belakangan ini. Foto-foto yang tersedia di situs ini umumnya lebih terkonsep, sehingga cocok untuk keperluan editorial maupun komersial. Selain foto, Freepik juga menyediakan vectors (ilustrasi) serta icons. Beberapa contohnya seperti yang di bawah ini:





UNSPLASH

Situs foto lainnya yang sering saya kunjungi adalah Unsplash. Banyak banget pilihan fotonya dan cakep-cakep. Kebanyakan fotonya lebih natural dan mayoritas outdoor, walaupun sebagian juga terkonsep seperti pemotretan dalam studio.

contoh penggunaan foto Unsplash untuk background quotes DailySylvia

PICJUMBO


Untuk foto produk atau makanan pake model flat lay ala ala instagram, biasanya banyak saya temukan di Picjumbo. Juga foto-foto abstrak seperti bokeh lights atau pemandangan cantik seperti yang saya jadikan foto utama postingan ini. 


PEXELS

Pexels juga salah satu situs foto favorit saya. Menyediakan banyak foto keren beresolusi tinggi. Yang saya suka dari situs ini adalah cukup banyak memiliki foto wanita Asia serta wanita berambut gelap (hitam/coklat) yang biasanya saya butuhkan untuk foto ilustrasi artikel.


GRATISOGRAPHY

contoh penggunaan foto dari Gratisogrpahy untuk media sosial Empro Indonesia
Last but not least, Gratisography. Banyak foto-foto comical, agak konyol, atau berkonsep unik saya temukan di sana.

Itu dia 5 situs penyedia foto gratis favorit saya. Diberkatilah kalian para fotografer, desainer, dan web developer yang berkenan share foto2 ciamik untuk kami. Sangat berguna untuk para blogger, pekerja media sosial, startup media digital seperti DailySylvia, dan pelaku bisnis pada umumnya. Cukup dengan modal internet kenceng untuk download foto-foto kece trus dipake deh sesuai kebutuhan.

Sekadar share tambahan, klo saya internetan pake XL. Dari pertama kali punya hp emang nomernya XL. Jaman dulu sih hp cuma untuk telpon dan sms-an ya, sekarang semua serba pake internet, dan saya berasa kebantu banget internetan dengan berbagai pilihan paket dari XL. Sebagai freelancer yang bergerak di bidang digital serta media sosial, kuota besar dan sinyal lancar jaya adalah kebutuhan buat saya,

How about you? Ada yang punya referensi situs penyedia foto HD gratisan lainnya? Atau mau sharing pengalaman internetan pake XL juga? Cusss tulis di kolom komen ya!

9 komentar:

kornelius ginting mengatakan...

Masih jarang menggunakan situs poto yang disebutkan diatas... paling random cari di google aja sekalian copas sumbernya.

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: kornelius ginting ::
hmm klo utk blog pribadi mungkin masih gapapa ya search image by google. tapi untuk media dan juga bisnis (komersil) sih sangat gak disarankan, riskan terkena sanksi copyright meski sdh copas sumber. krn "sumber" menurut google belum tentu sumber pertama yg sahih.

April Hamsa mengatakan...

Aku baru tau penyedia foto2 itu. Lbh sering cari di Pixabay :D
TFS infonya mbak

Brian Prasetyawan mengatakan...

Nah ini yang saya cari-cari. Referensi situs penyedia foto gratis. Selama ini saya cuma tau freepik sama pixabay. Trimakasih mbak sudah sharing :)

Keluargamulyana.com mengatakan...

Thanks infonya selama ini pake pixabay sih yaa..

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: April Hamsa ::
ah iya Pixabay juga oke. thanks for reading mbak ^_^

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Brian Prasetyawan ::
Yeay, senang bisa membantu :) makasih udah mampir ya

Sonya Tampubolon mengatakan...

:: Keluargamulyana.com ::
Banyak juga yg pake Pixabay ternyata ya. semoga sharing saya bermanfaat, makasih udh mampir ke sini

mpo ratne mengatakan...

Ini yg saya Cari. Terima kasih atas ilmu nya

Posting Komentar

Sudah baca artikel ini? Tinggalkan komentar ya... Thanks!